Pengaruh Aktivitas Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010

Harisupti, Yuyun (2010) Pengaruh Aktivitas Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (52kB)
[img] Text
BAB I Revisi.doc

Download (89kB)
[img] Text
BAB II Revisi.doc

Download (159kB)
[img] Text
BAB III Revisi.doc

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV Revisi.doc

Download (497kB)
[img] Text
BAB V Revisi.doc

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (21kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Kelompok, Prestasi Belajar Prestasi belajar sampai saat ini masih merupakan indikator mutu pendidikan di sekolah, oleh karena itu tidaklah mengherankan apabila suatu prestasi yang baik dan gemilang merupakan dambaan semua pihak. Berdasarkan hal tersebut dapatlah kiranya ada usaha guru untuk meningkatkan prestasi belajar melalui motivasi, bimbingan serta metode cara pengajaran yang tepat antara lain melalui belajar kelompok agar kemauan siswa untuk belajar dapat terangsang. Dari situ muncul ketertarikan penulis untuk membahas mengenai pengaruh aktivitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh keterlibatan mental siswa dalam belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak? (2) Adakah pengaruh kualitas interaksi belajar siswa dalam belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak? (3) Adakah pengaruh prakarsa siswa dalam menyumbangkan pendapat dalam belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah? (4) Adakah pengaruh aktivitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa mulai kelas 1 - 6 di MI Bustanuth Tholibin tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 118 siswa. Dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, didapatkan sampel siswa sebanyak 53 siswa atau 45%. Sedangkan metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam peneltian ini adalah analisis data kuantitatif yang diambil dari nilai hasil angket yang sudah diskor yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Ada pengaruh pada taraf sedang antara keterlibatan mental siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlaq di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. (2) Ada pengaruh pada taraf sedang antara interaksi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlaq di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan prakarsa siswa dalam menyumbangkan pendapat terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlaq di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlaq di MI Bustanuth Tholibin Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 02:24
Last Modified: 05 Feb 2015 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item