PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

NOVI RIFAATUL DINIYAH, 17201153187 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Novi Rifaatul Diniyah, NIM 17201153187, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I, NIP. 19860528 201403 2 002. Kata kunci: model pembelajaran make a match, motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran fiqih yang disebabkan oleh rendahnya motivasi yang dimiliki siswa sehingga berakibat pada hasil belajar siswa yang belum maksimal. Hal tersebut disebabkan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan membuat bosan siswa. Oleh karena itu, peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran yang menarik diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung dengan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji manova yang sebelumnya diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung ditunjukkan dari t_hitung = 4,930 dan t_tabel = 1,995 sehingga t_hitung > t_tabel dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, 2) ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung ditunjukkan dari t_hitung = 7,748 dan t_tabel = 1,995 sehingga t_hitung > t_tabel dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, 3) ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 2 Tulungagung ditunjukkan dari F_hitung = 39,025 dan F_tabel = 3,13 sehingga t_hitung > t_tabel dengan signifikasi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153187 NOVI RIFAATUL DINIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2019 06:41
Last Modified: 23 Apr 2019 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item