STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

CITRA NURFIJANNAH, 1725143049 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Citra Nurfijannah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini seorang guru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menekankan pada terjadinya proses belajar siswa secara aktif melalui berbagai kegiatan. Khususnya pada mata pelajaran agama di MI Podorejo ditekankan dalam pembelajarannya setiap hari. Maka dari itu mata pelajaran agama merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari bagi umat Islam, khususnya fikih. Fikih mengajarkan bagaimana seorang siswa harus berbuat baik, bagaimana tata cara beribadah yang benar,dan lain-lain. Selama ini guru mata pelajaran Fikih hanya menyampaikan materi melalui metode ceramah dan Tanya jawab, namun jika hanya menggunakan strategi itu siswa akan mudah bosan mengikuti pelajaran fikih. Disinilah diperlukan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo. Dengan adanya strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, agar proses pembelajaran menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian membahas tentang Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi . Belajar Peserta Didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian yang akan di uji dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimanakah strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? 2) Bagaimana hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? 3) Bagaimana dampak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? Tujuan Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan bagaimanakah strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? 2) Untuk mendiskripsikan bagaimana hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? 3) Untuk mendiskripsikan bagaimana dampak strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) Guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas ia di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung antara lain guru kelas IA di MI Podorejo mengajar tidak hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, tetapi guru kelas IA di MI Podorejo mengajar dan menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa antusias mengikuti pelajaran. Metode yang digunakan guru kelas IA di Ml Podorejo dalam mengajar antara lain metode discovery, kerja kelompok, diskusi, dan lain-lain. 2) Hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung antara lain siswa itu sendiri, lingkungan, sarana dan pra sarana yang ada dan solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung antara lain memberikan hadiah, memberikan nilai, memberikan pujian, dan lain sebagainya. 3) Dampak strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung antara lain siswa menjadi bersemangat, hasrat eksplorasi di dalam diri siswa meningkat dan berkembang, rasa ingin tau pada anak didik dapat melahirkan kegiatan yang positif, yaitu eksplorasi, tercapainya keinginan siswa untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru, siswa yang mengalami kesulitan belajar akan teratasi dengan melakukan hal yang luar biasa, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar karena hadiah yang diberikan kepada siswa berupa benda, pujian verbal, nilai yang baik dan lain-lain, Siswa mudah menerima dan menyerap materi pelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143049 CITRA NURFIJANNAH
Date Deposited: 24 Apr 2019 03:39
Last Modified: 24 Apr 2019 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10570

Actions (login required)

View Item View Item