Sakdiyah, Siti (2010) Metode Usmani dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di TPQ (Taman Pendidikan Al-qur’an) Nurul Muhtadin Desa Jimbe Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (35kB) |
|
Text
ABSTRAK dyah.rtf Download (1MB) |
|
Text
dyah bab 1.rtf Download (83kB) |
|
Text
dyah bab 2.rtf Download (347kB) |
|
Text
dyah bab 3.doc Download (135kB) |
|
Text
dyah bab 4.rtf Download (281kB) |
|
Text
dyah bab 5.doc Download (40kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam pembelajaran Al-qur’an itu tidak sedikit guru pengajar Al-qur’an mengajarkan bacaan Al-qur’an yang salah tidak sesuai dengan kaidah tajwid, serta dalam hal penggunaan metode hanya terbatas buku sebagai sumber sekaligus media pengajaran, sehingga anak menjadi bosan dan mengalihkan perhatiannya pada yang lain. Untuk itulah metode usmani ini muncul sebagai suatu metode/teknik membaca Al-qur’an yang memiliki karakteristik dan spesifikasi tertentu yang membedakan dengan metode lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.Bagaimana penerapan metode usmani dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di TPQ Nurul Muhtadin Desa Jimbe Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar?, 2. Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode Usmani dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di TPQ Nurul Muhtadin Desa Jimbe Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar?, 3. Bagaimana persepsi ustadzah terhadap metode usmani dalam pembelajaran membaca Al-qur’an di TPQ Nurul Muhtadin Desa Jimbe Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar? Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang telah diterima di bangku kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisis, dan mengumpulkan hasil data yang ada, Bagi Almamater, hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran membaca Al-qur’an dengan sistem Usmani Penelitian ini menggunakan metode penelitian: (1) pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: deskriptif, (2) Lokasi penelitian TPQ Nurul Muhtadin Desa jimbe kecamatan Kademangan kabupaten Blitar (3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi TPQ Desa Jimbe Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. (4). Sumber Data: informan terdiri dari kepala TPQ Nurul Muhtadin dan dari tenaga pengajar (ustadzah), place: Perlengkapan yang menunjang belajar mengajar di TPQ Nurul Muhtadddin, paper: Dokumentasi yang berupa arsip-arsip dan dokumen lainnya (5). Metode Pengumpulan Data: Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, (6). Analisis dengan pendekatan kualitatif, pengolahan data dengan cara: Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan kesimpulan atau Verifikasi (7). Pengecekan keabsahan temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Dari penelitian itu dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: (1) lima stategi yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-qur’an yaitu,individual/sorogan, klasikal, klasikal-individual,klasikal baca simak, klasikal baca simak murni, (2) kelebihan metode usmani adalah terorganisir selalu dipantau dan diawasi dari korcab dan korcam, Kekuranganya dalam penempatan makhorijul huruf anak pada awalnya agak sulit diucapkan (3) persepsi ustadzah terhadap penerapan metode Usmani dalam pembelajaran membaca Al-qur’an sangatlah positif (sangat mendukung).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 02:48 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1062 |
Actions (login required)
View Item |