PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MEMPERTAJAM LONG TERM MEMORY PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

Raya Arsita Febriani, 17205153024 (2019) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MEMPERTAJAM LONG TERM MEMORY PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Video Dalam Mempertajam Long Term Memory Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” yang ditulis oleh Raya Arsita Febriani, NIM 17205153024, pembimbing Dr. H. As‟aril Muhajir, M. Ag. Kata kunci: Media Video, Long Term Memory, dan Mata Pelajaran Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang nilai ajaran Fiqih dapat mempengaruhi kesadaran peserta didik dalam beribadah kepada Allah SWT. Dalam hal ini peneliti menggali penggunaan media video dengan pemahaman ingatan jangka panjang (Long Term Memory) peserta didik di MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana penggunaan media video dalam mempertajam long term memory peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan media video dalam mempertajam long term memory peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan penggunaan media video dalam mempertajam long term memorypeserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media video, pelaksanaan penggunaan media video, dan hasil dari pelaksanaan penggunaan media video dalam mempertajam long term memory peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para pendidik Madratsah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tulungagung sebagai dasar pembinaan beribadah para peserta didik. Bagi para peserta didik Madratsah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Tulungagung sebagai bahan pembelajaran pembiasaan beribadah kepada Allah SWT sejak dini. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara digunakan untuk menggali data lebih dalam, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Sedangkan dokumentasi sebagai bukti untuk memperkuat penelitian dan pembuktian. Serta observasi untuk mengamati dan meneliti keadaan secara langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pada pembelajaran Fiqih dapat menambah wawasan dan merangsang panca indra peserta didik, dengan adanya penerapan media video terkait materi pembelajaran fiqih yaitu tata cara berwudhu dan pelaksanaan shalat sunnah rawatib yang bertujuan untuk menunjang tercapainya suatu kegiatan pembelajaran. Peserta didik mampu dengan mudah menerima dan merespon media video dengan baik. Yang mana media video digunakan sebagai alat bantu suatu pembelajaran untuk menyampaikan berbagai informasi dan pengetahuan terkait materi pelajaran. Oleh karena itu, sebelum pembelajaran diarahkan ke kegiatan praktek sebagai aplikasinya, peserta didik diberi stimulus terlebih dahulu dengan menggunakan media video untuk memberikan suatu informasi dan pengetahuan serta pemahaman yang bertujuan untuk meningkatkan daya ingat atau memori peserta didik. Tidak hanya bertahan dalam waktu singkat, akan tetapi memori peserta didik terkait materi tersebut diharapkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jika peserta didik mampu merespon media video dengan baik, dan memahami materi yang terlah disampaikan, maka peserta didik juga dapat menerima dan mengingat materi-materi yang disampaikan melalui media video dalam rentan waktu yang lama. Hal ini membuktikan bahwa ingatan jangka panjang (Long Term Memory) peserta didik kelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung termasuk dalam kategori tinggi atau kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: raya 17205153024 Raya Arsita Febriani
Date Deposited: 08 May 2019 03:23
Last Modified: 08 May 2019 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item