Model Pembelajaran Berorientasi Pada Teori Van Hiele Yang Dapat Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Topik Persegi Dan Persegi Panjang Di Kelas VII F SMPN I Ngunut Tahun Ajaran 2010-2011

RUSMININGSIH, RENI (2010) Model Pembelajaran Berorientasi Pada Teori Van Hiele Yang Dapat Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Topik Persegi Dan Persegi Panjang Di Kelas VII F SMPN I Ngunut Tahun Ajaran 2010-2011. [ Skripsi ]

[img] Text
abstrk,dftr pstk.doc

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (139kB)
[img] Text
bab4.doc

Download (819kB)
[img] Text
cover.doc

Download (182kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Persegi dan persegi panjang dalam bentuk soal cerita, Model pembelajaran Van Hiele. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran matematika disekolah, dimana siswa kurang memahami soal-soal dalam bentuk soal cerita. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan model pembelajaran berorientasi pada teori Van Hiele. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran berorientasi pada teori Van Hiele yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada topik Persegi dan Persegi Panjang di kelas VII F SMPN I Ngunut tahun ajaran 2010/2011? 2. Bagaimana respon siswa pada pembelajaran berorientasi pada teori Van Hiele dalam hal menyelesaikan soal cerita pada topik Persegi dan Persegi Panjang di kelas VII F SMPN I Ngunut tahun ajaran 2010/2011? Dalam penelitian ini digunakan metode pemberlajaran Van Hiele, wawancara, tes, catatan lapangan, observasi dan angket. Dimana observasi dan catatan lapangan digunakan untuk mengamati proses pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah mengalami prosese belajar mengajar berorientasi poada teori Van Hiele, dan wawancara serta angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembnelajaran berorientasi pada teori Van Hiele, serta untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan.. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Setelah penulis melakukan 3 siklus dalam penelitian tindakan kelas dan memperoleh data-data yang diperlukan dari fakta-fakta yang ada, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:  Pembelajaran pada materi persegi dan persegi panjang dalam bentuk soal cerita yang berorientasi pada teori Van Hiele untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa adalah guru menjelaskan materi dengan tahapan teori Van Hiele yaitu (1.) Pengenalan, (2.) Analisis, (3.) Pengurutan, (4.) Deduksi, dan (5.) Akurasi terhadap materi persegi dan persegi panjang dalam bentuk soal cerita.  Pemahaman siswa pada matei persegi dan persegi panjang dalam bentuk soal cerita yang berorientasi pada teori Van hiele menunjukkan hasil yang sangat baik. hal ini dapat dilihat dari respon siswa terhadap pembelajaran berorientasi pada teori Van Hiele, karena siswa menjadi lebih aktif untuk bertanya serta siswa lebih merasa senang karena system pembelajarannya secara bertahap disamping itu juga dapat dilihat dari hasil observasi yang mencapai taraf 96,36% dan nilai rata-rata siswa 99,75.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 05 Feb 2015 02:55
Last Modified: 05 Feb 2015 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item