PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDI AL-HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG

SALAMATUL INTIMA, 17205153296 (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDI AL-HAKIM MARON BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salamatul Intima, 17205153296, Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Motivasi Belajar PAI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori yang mengatakan bahwasannya dengan kompetensi kepribadian maka guru akan menjadi contoh dan teladan, membangkitkan motivasi belajar siswa serta mendorong /memberikan motivasi dari belakang. Peneliti hanya memfokuskan pada guru PAI saja karena peran guru PAI tidak hanya sekedar mengajar pelajaran pendidikan agama tetapi juga mengarah kepada kepribadian siswanya. Berdasarkan teori diatas peneliti mengadakan penelitian yang berjudul Pengaruh Kompetensi kepribadian guru PAI Terhadap Motivasi Belajar kelas V yang dilaksanakan di SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)Seberapa tinggi kompetensi kepribadian guru PAI di SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung? (2) Seberapa tinggi motivasi belajar PAI siswa di SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung? (3)Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan tingkat kompetensi kepribadian guru PAI di SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan tingkat motivasi belajar PAI siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik sampling menggunakan sampel populasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDI Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji regresi sederhana, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan (1) kompetensi kepribadian guru PAI di Sekolah Dasar Islam Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung termasuk dalam kategori cukup yakni 46%. (2) Motivasi belajar PAI siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Islam Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung termasuk kategori cukup sebesar 76%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara dua variabel tersebut. Hasil dari uji regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,023, dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Al Hakim Maron Boyolangu Tulungagung. Besar korelasi antar kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar menggunakan uji korelasi Person Product Moment. Hasilnya harga korelasi adalah 0,373 yang mana hasil ini menunjukkan bahwa korelasi antara kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar signifikan, hal ini terbukti bahwa harga “r” hitung lebih besar dari pada “r” tabel. Yakni N37= 0,325 dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153296 SALAMATUL INTIMA
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:47
Last Modified: 13 Apr 2020 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10658

Actions (login required)

View Item View Item