SARIROTUL MUKAROMAH, 17201153171 (2019) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung” ditulis oleh Sarirotul Mukaromah, NIM. 17201153171, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing Drs. H. Jani, MM., M.Pd., NIP. 196602101985031001. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal Guru, Kompetensi Belajar Peserta Didik Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pemahaman dan pencapaian kompetensi belajar peserta didik yang salah satunya disebabkan oleh pola komunikasi interpersonal yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi (1) Bagaimanakah pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2018/ 2019? (2) Bagaimanakah hambatan pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2018/ 2019? (3) Bagaimanakah dampak pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2018/ 2019? Tujuan penelitian ini dilakukan yakni, antara lain: (1) Mengetahui pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2018/ 2019 (2) Mengetahui hambatan pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2018/ 2019 (3) Mengetahui dampak pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2018/ 2019. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara bebas terpimpin, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi/ penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan uji credibility, transferability, dependability, confirmability, dan triangulasi. Hasil penelitian meliputi: (1) Pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih meliputi pola komunikasi interpersonal satu arah/ pola komunikasi aksi, pola komunikasi interpersonal dua arah/ pola komunikasi interaksi, dan pola komunikasiinterpersonal multi arah/ pola komunikasi transaksional. (2) Hambatan pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik meliputi emosi guru yang tidak stabil, pekerjaan guru yang menumpuk, peserta didik yang sulit diatur dan mengantuk, serta kurangnya kreatifitas dan inovasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran. (3) Dampak pola komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih yakni pencapaian kompetensi belajar peserta didik pada ranah kognitif, pencapaian kompetensi belajar peserta didik pada ranah afektif, dan pencapaian kompetensi belajar peserta didik pada ranah psikomotorik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153171 SARIROTUL MUKAROMAH |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 08:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 08:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10688 |
Actions (login required)
View Item |