STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM (SMPI) AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MAVATIH FAUZUL ‘ADZIIMA, 17201153495 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN ANAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM (SMPI) AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hafalan Anak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Mavatih Fauzul „Adziima yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Menghafal Al-Qur‟an, Strategi Guru Menghafal Al-Qur‟an merupakan cara umat islam untuk menjaga kemurnian Al-Qur‟an dan juga memahami isi kandungan dari Al-Qur‟an untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika menghafal Al-Qur‟an itu diterapkan didunia pendidikan maka guru adalah seseorang yang paling berperan didalamnya. Karena guru adalah pendidik serta pembimbing secara utuh ketika anak berada dilingkungan sekolah. Agar peserta didik lebih mudah dalam menghafal Al-Qur‟an maka guru harus mempunyai strategi-strategi khusus agar mampu meningkatkan minat, kuantitas, dan kualitas anak dalam menghafal Al Qur‟an. terkait hal tersebut di SMP Islam Al-Azhaar mempunyai guru-guru yang mampu dan mempunyai strategi khusus untuk meningkatkan hafalan Al-Qur‟an anak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1.Strategi guru dalam meningkatkan minat menghafal Al-Qur‟an di SMP Islam Al-Azhaar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 2.Strategi guru yang digunakan untuk meningkatkan kuantitas hafalan Al-Qur‟an di SMP Islam Al-Azhaar kecamatan Kedungwaru kabupaten Tulungagung. 3.Strategi guru yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur‟an di SMP Islam Al-Azhaar kecamatan Kedungwaru kabupaten Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru meningkatkan minat, kuantitas, serta kualitas menghafal Al-Qur‟an pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung untuk meningkatkan hafalan Al-Quran anak strategi yang digunakan ada 3, yaitu: 1. Meningkatkan minat siswa dengan tiga langkah yaitu menumbuhkan minat anak, kemudian mengembangkan minat anak, dan mempertahankan minat anak. Dalam ketiga langkah itu menggunakan strategi memotivasi siswa. 2. Meningkatkan kuantitas menghafal Al-Quran maka diterapkan metode Yanbu‟a. Menggunakan Al-Quran, Mp3, dan video sebagai media. Dan pemberian amaliyah yang harus dilakukan oleh siswa. 3. Meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur'an maka diterapkan tiga hal. Metode Muraja'ah, evaluasi pada akhir bulan, dan menyediakan waktu khusus untuk menghafal dan mengulang hafalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153495 MAVATIH FAUZUL ‘ADZIIMA
Date Deposited: 08 May 2019 04:08
Last Modified: 08 May 2019 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item