UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI DAMPAK PERILAKU NEGATIF PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA DI SMPN 1 KANIGORO BLITAR

ANISATUL MUNAWAROH, 17201153135 (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENANGGULANGI DAMPAK PERILAKU NEGATIF PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA DI SMPN 1 KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Menanggulangi Dampak Perilaku Negatif Penggunaan Social Media di SMPN 1 Kanigoro Blitar” di tulis oleh Anisatul Munawaroh, NIM 17201153135, dosen pembimbing : Dr. Erna Iftanti, S.S, M.Pd, NIP. 197203072009012002. Kata kumci : upaya guru PAI, perilaku negatif peggunaan social media Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang berkembangan sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi adalah suatu proses transformasi atau suatu perubahan masyarakat dalam segala aspeknya. Oleh karena itu perkembangan tersebut dapat kita lihat dalam banyak aspek kehidupan masyarakat seperti, ekonomi, politik, sosial, budaya. Adanya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positif berupa kita bisa megakses semua hal, dan dapat berkomunikasi dengan mudah. Dampak negatif berupa acaman akhlak yaitu, annaniyah (individualisme), madiyyah (matrealistik), dan naf’iyyah (pragmatis), penyalahgunaan Hp dan internet untuk hal-hal negatif seperti, bebas mengakses ponografi dan penipuan. Kemudian lebih parahnya konsumen yang mengakses situs-situs seperti ini bukan hanya orang dewasa, namun juga anak-anak, dan remaja yang notabenya mereka masih berstatus sebagai pelajar. Dimana mereka merupakan penentu arah masa depan bangsa. Disinilah perlunya peran guru PAI dalam menanggulangi perilaku negatif penggunaan social media. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI sebagai pendidik dalam menanggulangi dampak perilaku negatif penggunaan social media di Kabupaten Blitar?, (2) Bagaimana upaya guru PAI sebagai fasilitator dalam menanggulangi dampak perilaku negatif penggunaan social media di Kabupaten Blitar?, (3) Bagaimana upaya guru PAI sebagai motivator dalam menanggulangi dampak perilaku negatif penggunaan social media di Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMPN 1 Kanigoro Blitar. Kehadiran peneliti mulai 21 Feberuari sampai 3 Maret 2019. Sumber data berupa data primer yaitu guru PAI dan sekunder yaitu arsip dan dokumen. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan, atau verifikasi sedangkan pengecekan keabsahan data mengunakan triangulasi, dan pembahasan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah (1) upaya guru PAI sebagi pendidik dalam menanggulangi perilaku negatif penggunaan social medi di kabupaten blitar meliputi: memberikan informasi tentang dampak positif dan negatif dari social media, guru sebagai suri tauladan bagi siswanya dan ada pantaun dari pihak sekolah terkait penggunan internet di sekolah, (2) upaya guru PAI sebagi fasilitator dalam menanggulangi perilaku negatif penggunaan social media dikabupaten blitar meliputi: guru menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menarik, guru mendampingi siswa saat prose pembelajaran, adanya kerjasama atara guru dan wali murid, guru memberikan hafalan berupa surat pendek, guru memberikan tugas sekolah pada siswa, dan guru budayakan membaca pada siswa, (3) upaya guru PAI sebagi motivator dalam menanggulangi perilaku negatif penggunaan social medi di kabupaten blitar meliputi: memberikan pesan moral pada siswa baik sebelum atau sesudah pelajaran, memberikan nasehat pada siswa dalam menggunakan handphone untuk hal-hal positif, dan larangan membawa HP ke sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153135 ANISATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 10 May 2019 02:28
Last Modified: 10 May 2019 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item