PUTRI ILLAYATI HARIANTO, 17201153480 (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS X SMKN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (20kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (82kB) |
||
Text
Bab II.pdf Download (152kB) |
||
Text
Bab III.pdf Download (68kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Download (687kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas X SMKN 1 BLITAR” ini ditulis oleh Putri Illayati Harianto, NIM. 17201153480, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an di sekolah yang masih belum dapat berperan sebagaimana fungsinya, akibatnya hasil dari pembelajaran tersebut belum optimal dalam upaya peningkatan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid. Selain itu, terdapat pengaruh dari tehnologi yang semakin modern yang juga membawa pengaruh tersendiri terhadap minat baca tulis Al-Qur’an siswa dilingkungan sekolah. Dalam belajar baca tulis Al-Qur’an proses pelaksanaannya dikemas kedalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tidak ada strategi khusus untuk mendalami baca tulis Al-Qur’an di sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Metode guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2018-2019? (2) Bagaimana implikasi dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2018-2019? (3) Bagaimana hambatan dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2018-2019?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana metode guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2018-2019. (2) Untuk mengetahui bagaimana implikasi dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2018-2019. (3) Untuk mengetahui bagaimana hambatan dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar tahun ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dnegan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode, menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini, adalah: (1) Metode guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar adalah : (a) metode ceramah,(b) metode tanya jawab, (c) metode latihan. (2) Implikasi dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar adalah: (a) Implikasi dari peran Kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran yaitu mengkoordinasi Guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah (b) Implikasi dari peran Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran adalah memberikan pengetahuan serta membimbing siswa agar dapat membaca dan menulis Al-Qur’an. (c) Implikasi siswa dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an adalah siswa mendapatkan pengetahuan tentang baca tulis Al-Qur’an. (3) Hambatan dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X SMKN 1 Blitar adalah: (a) Hambatan Kepala Sekolah dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an Siswa kelas X adalah belum adanya strategi khusus dari sekolah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. (b) Hambatan Guru PAI dari strategi dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an Siswa kelas X adalah waktu belajar baca tulis Al-Qur’an siswa di sekolah yang terbatas. (c) Hambatan siswa kelas X dari strategi Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an adalah belum memahami ilmu tajwid. Solusi dari hambatan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis siswa kelas X SMKN 1 Blitar adalah: 1) menggunakan waktu belajar di sekolah dengan semaksimal untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X, 2) dan memanfaat kan fasilitas masjid sekolah agar para siswa dapat beribadah tepat waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153480 PUTRI ILLAYATI HARIANTO |
Date Deposited: | 07 May 2019 06:28 |
Last Modified: | 07 May 2019 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10747 |
Actions (login required)
View Item |