DICKY DAMARA, 17204153042 (2019) PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (683kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (478kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (299kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Dicky Damara, NIM. 17204153042, pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Garis dan Sudut Kendala siswa dalam kesulitan belajar pada pembelajaran matematika diakibatkan oleh model pembelajaran konvensional. Pendidik tidak mengajak siswa untuk berpartisipasi secara kreatif dan aktif. Sehingga siswa membutuhkan model pembelajaran yang efektif dan inovasi. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan teknik Mind Mapping terhadap pembelajaran matematika di SMP Islam Gandusari Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika setelah menggunakan teknik Mind Mapping, 2) mengetahui bagaimana hasil belajar matematika setelah menggunakan teknik konvensional, 3) mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan menggunakan teknik Mind Mapping lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan menggunakan metode Konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VII SMP Islam Gandusari yang berjumlah 126 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol). Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan yang paling utama adalah tes. Analisis datanya menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik Mind Mapping menunjukkan frekuensi terbesar berada pada kategori nilai hasil belajar baik ada 7 siswa dan cukup baik ada 7 siswa dengan persentase 28,0%, 2) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional menunjukkan frekuensi terbesar berada pada kategori nilai hasil belajar baik ada 5 siswa, cukup baik ada 5 siswa dan kurang baik ada 5 siswa dengan persentase 23,8%, 3) Ada pengaruh teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153042 DICKY DAMARA |
Date Deposited: | 06 May 2019 02:52 |
Last Modified: | 06 May 2019 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10756 |
Actions (login required)
View Item |