Zulfa Hafudlotul Baroroh Zen, 17201153492 (2019) STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN TARTILUL QUR'AN AL-ISHLAHIYYAH MAYAN MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (993kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tartilul Qur'an Al-Ishlahiyyah Mayan Mojo Kediri" ini di tulis oleh Zulfaa Hafidlotul Baroroh Zen yang dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata kunci: Menghafal Al-Qur'an, Strategi Menghafal Al-Qur'an. Menghafal Al-Qur'an merupakan sebuah upaya yang dilakukan umat Islam untuk memudahkan seseorang dalam memahami dan mengingat isi-isi Al-Qur'an serta untuk menjaga kemurnian Al-Qur'an. Menghafalkan sebanyak ribuan ayat bukanlah suatu hal yang mudah. Penggunaan strategi menghafal Al-Qur'an yang tepat merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mempermudah dalam proses menghafal dan dapat memberikan keberhasilan yang besar dalam menghafal Al-Qur'an. Terkait hal tersebut, di dalam Pondok Pesantren Tartilul Qur'an Al-Ishlahiyyah Mayan Mojo Kediri diterapkan strategi menghafal dan strategi menjaga hafalan tertentu. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi memperoleh hafalan Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tartilul Qur'an Al-Ishlahiyyah Mayan Mojo Kediri? 2) Bagaimana strategi menjaga hafalan Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tartilul Qur'an Al-Ishlahiyyah Mayan Mojo Kediri? 3) Bagaimana hasil dari penerapan strategi menghafal dan strategi menjaga hafalan Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tartilul Qur'an Al-Ishlahiyyah Mayan Mojo Kediri?. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan dari startegi menghafal dan strategi menjaga hafalan serta mendeskripsikan hasil dari kedua strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yangg ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Pondok Pesantren Tartilul Qur'an Al-Ishlahiyyah Mayan Mojo Kediri santri diberikan kebabasan untuk memilih strategi menghafal Al-Qur'an sesuai dengan kemampuan santri. Namun, strategi yang paling diutamakan adalah strategi tahsinul hifdzi, menggunakan satu jenis Al-Qur'an dan talaqqi (setoran). Strategi menjaga hafalan yang diterapkan di pondok pesantren ini terdiri dari dua jenis, yaitu: 1) menjaga secara psikologis yang meliputi tes muraja'ah, muraja'ah ihda 'asyar dan sima'an. 2) menjaga secara spiritual yang meliputi wadzifah, wara dan qiyamul lail. Hasil dari penerapan strategi menghafal dan strategi menjaga hafalan tersebut adalah santri lebih mudah dalam menghafal, santri lebih cepat menguasai hafalan yang diperoleh, lebih termotivasi, tingkat keberhasilan dalam menghafal lebih baik, dan terbiasa menghafal didepan khalayak ramai dengan penuh percaya diri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153492 Zulfa Hafidlotul Baroroh Zen |
Date Deposited: | 06 May 2019 04:19 |
Last Modified: | 06 May 2019 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10761 |
Actions (login required)
View Item |