PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 2 WAJAKKIDUL

MALA KHUROTUL ULA, 1725143167 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 2 WAJAKKIDUL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Mala Khurotul Ula, 1725143167, Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 2 Wajakkidul. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing:Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci:Lingkungan Belajar, Minat Belajar ,Haasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tinggi rendahnya Hasil belajar peserta didik karena adanya hubungan lingkungan belajar dan minat belajar yang mempengaruhinya. Minat belajar yang kurang membuat sebagian peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah, padahal sebagian lagi sudah memiliki hasil belajar yang tinggi. Selain minat belajar, lingkungan belajar yang ada di sekeliling siswa pun ikut mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar yang dimiliki siswa. Sehingga peneliti melakukan penelitian terhadap lingkungan belajar dan minat belajar peserta didik untuk mengetahui hubungan keduanya terhadap hasil belajar speserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Wajakkidul ?, (2) Bagaimana pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Wajakkidul ?, (3) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Wajakkidul ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Untuk menjelaskan pengaruh antara lingkungan belajar dengan hasil belajar pada siswa SD Negeri 2 Wajakkidul, (2)Untuk menjelaskan pengaruh antara minat belajar dengan hasil belajar pada siswa SD Negeri 2 Wajakkidul, (3)Untuk menjelaskan pengaruh antara lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SD Negeri 2 Wajakkidul. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto . Teknik sampling menggunakan teknik sampling NonProbabilitas dengan teknik Sampling purposive. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri 2 Wajakkidul tahun 2017/2018, sampel yang diambil adalah siswa kelas III, IV dan V SD Negeri 2 Wajakkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan linearitas serta uji asumsi klasik yaitu uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil perhitungan uji regresi sederhana untuk lingkungan belajar yaitu thitung = 2,061> ttabel = 3,078 dan nilai sig 0,004< 0,05, diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasilbelajarsiswa SD Negeri 2 Wajakkidul.(2) Hasil perhitungan uji regresi sederhana untuk perhitungan uji regresi sederhana untuk Minat Belajar yaitu thitung = 2,555> ttabel = 5,361 dan nilai sig 0,000< 0,05 , maka diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasilbelajarsiswa SD Negeri 2 Wajakkidul. (3) Hasil perhitungan uji regresi berganda untuk lingkungan belajar dan minat belajardiperoleh bahwa ii F hitung = 20,947 dengan tingkat sig. 0,000. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa bahwa Fhitung (20,947) > Ftabel ( 3.24) dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara lingkungan belajar dan minat belajar berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Wajakkidul.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143167 MALA KHUROTUL ULA
Date Deposited: 07 May 2019 02:05
Last Modified: 07 May 2019 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10763

Actions (login required)

View Item View Item