ATIK RIYANI, 17201153509 (2019) PENGARUH KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS GURU FIQIH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Pengaruh Kreativitas dan Kemampuan Mengelola Kelas Guru Fiqih Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Tulungagung Tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Atik Riyani, NIM. 17201153509, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim, M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas Guru Fiqih, Pengelolaan Kelas, Prestasi belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam proses belajar mengajar karena guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah kreativitas dan kemampuan mengelola kelas guru fiqih dengan prestasi belajar siswa di MAN 2 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kreativitas guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MAN 2 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kemampuan mengelola kelas guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MAN 2 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kreativitas dan kemampuan mengelola kelas guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengelola kelas guru fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MAN 2 Tulungagung.(3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan kemampuan mengelola kelas guru fiqih dterhadap prestasi belajar siswa MAN 2 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru, sebagai bahan masukan bagi guru fiqih, khususnya di MAN 2 Tulungagung agar selalu meningkatkan kreativitas mengajarnya dalam proses pembelajaran di kelas dan mampu mengelola kelas dengan baik dan benar, agar tercipta suasana yang kondusif sehingga pada akhirnya siswa memperoleh prestasi belajar fiqih yang tinggi, bagi penulis sebagai penerepan ilmu pengetahuan yang penulis peroleh serta untuk menambah pengalaman dan wawasan baik dalam bidang penelitian pendidikan maupun penulisan karya tulis. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dijadikannya populasi adalah siswa MAN 2 Tulungagung yang berjumlah 1232 siswa. Selanjutnya diambil sampel kelas XI MIPA 20% setiap kelasnya, sehingga diperoleh 41 siswa sebagai responden. Pengukurannya menggunakan skala likert. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuisioner dengan sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Sebelum instrumen diujikan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen, sehingga instrumen yang diujikan benar-benar valid dan reliabel. Data pendukung yang lain diperoleh dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan analisis regresi berganda yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas melalui bantuan program SPSS 16.00 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru fiqih dengan prestasi belajar siswa, yaitu diketahui r X2Y = 0,410 dengan taraf signifikansi 5% (r tabel = 0,05) artinya semakin tinggi tingkat kreativitas guru fiqih maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan mengelola kelas guru fiqih dengan prestasi belajar siswa, yaitu diketahui r x2y = 0,320 dengan taraf signifikansi 5% (r tabel = 0,05) artinya semakin tinggi tingkat kemampuan mengelola kelas guru fiqih maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, (3) Sebagai jawaban hipotesis yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kreativitas dan kemampuan mengelola kelas guru fiqih dengan prestasi belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari nilai uji F yaitu 5,169 dengan taraf signifikansi 0,05 (F tabel = 3,245), artinya semakin tinggi tingkat kreativitas dan kemampuan mengelola kelas guru fiqih maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa di MAN 2 Tulungagung. Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153509 ATIK RIYANI |
Date Deposited: | 07 May 2019 01:46 |
Last Modified: | 07 May 2019 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10788 |
Actions (login required)
View Item |