DEVITA BINTI MUNTAVIAH, 1725143057 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AL-HIKMAH SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (138kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (140kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MI Al- Hikmah Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Devita Binti Muntaviah, NIM. 1725143057, pembimbing Hj. Luluk „Atirotu Zahroh, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Peserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar tidak selamanya berjalan secara wajar. Kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang-kadang terasa amat sulit. Pada tingkat tertentu memang ada anak didik yang dapat mengatasi kesulitan belajarnya, tanpa harus melibatkan orang lain. Tetapi pada kasus-kasus tertentu, karena anak didik belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh anak didik. Maka dari itu, MI Al Hikmah Sutojayan Blitar membuat upaya untuk memudahkan dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Fokus dalam penulisan skripsi adalah: (1) Apa saja jenis kesulitan belajar peserta didik di MI Al-Hikmah Sutojayan Blitar? (2) Bagaimana langkah guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Al-Hikmah Sutojayan Blitar? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Al-Hikmah Sutojayan Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didik, untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar, serta faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Al- Hikmah Sutojayan Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Al- Hikmah Sutojayan Blitar. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana dan dokumen Madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis kesulitan belajar peserta didik di MI Al-Hikmah Sutojayan Blitar yaitu lupa, jenuh, dan sulit konsentrasi. (2) Upaya yang dilakukan guru dalam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Al-Hikmah Sutojayan Blitar sudah diterapkan pada peserta didiknya dengan baik, upaya tersebut meliputi: memberikan motivasi, Selingan humoris dalam menyampaikan materi, Menggunakan metode yang bervariasi, dan Pembelajaran remedial. (3) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MI Al-Hikmah Sutojayan Blitar, yaitu: a) faktor pendukung, yaitu: Tersedianya fasilitas dan sarana prasarana, Lingkungan madrasah yang kondusif, Adanya minat belajar siswa. b) faktor penghambat, yaitu: Alokasi waktu, Pola asuh orang tua, dan Anak belum menyadari kebutuhan belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143057 DEVITA BINTI MUNTAVIAH |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 03:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10805 |
Actions (login required)
View Item |