ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG PADA MATERI HIMPUNAN

NURISNA MAHMUDAH, 17204153241 (2019) ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG PADA MATERI HIMPUNAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kecemasan Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 6 Tulungagung Pada Materi Himpunan” ini disusun oleh Nurisna Mahmudah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Kecerdasan Logis Matematis, dan Pemecahan Masalah Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih kurang dan siswa masih menganggap bahwa matematika pelajaran yang sulit. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal yaitu kecemasan dan kecerdasan yang memiliki peranan penting.Hal ini dapat mempengaruhi proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kecemasan matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Tulungagung pada materi himpunan, (2) mendeskripsikan kecemasan matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematis sedang dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Tulungagung pada materi himpunan, dan (3) mendeskripsikan kecemasan matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Negeri 6 Tulungagung pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tulis, angket, observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) kecemasan matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah dari tiap-tiap langkah pemecahan Polya dengan benar. (2) kecemasan matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis sedang mampu memenuhi tiga indikator menyelesaiakan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya, tetapi belum maksimal. (3) kecemasan matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah belum mampu menyelesaikan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya secara benar. Namun siswa dengan kategori ini sudah memiliki motivasi untuk mengerjakannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153241 NURISNA MAHMUDAH
Date Deposited: 09 May 2019 02:36
Last Modified: 09 Apr 2020 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10811

Actions (login required)

View Item View Item