PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK PADA MATERI FUNGSI TAHUN AKADEMIK 2018/2019

ARUM PERMATA RAHMADHANI, 17204153266 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK PADA MATERI FUNGSI TAHUN AKADEMIK 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Islam 1 Durenan pada Materi Fungsi Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Arum Permata Rahmadhani, NIM 17204153266, Fakultas Tadris dan Ilmu Keguruan, Dosen Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Minat, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya asumsi negatif yang dimiliki siswa mengenai pelajaran matematika. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar matematika, sehingga hasil belajar matematika juga masih dibawah rata-rata KKM. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar minat dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan permasalahan. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019. (3) dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar matematika dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek tahun ajaram 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI APK 1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model Problem Based Learning. Kelas XI MM 2 terpilih sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 ) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai = 35,743 > = 1,952. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai sebesar 185,989 > = 1,952. (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153266 ARUM PERMATA RAHMADHANI
Date Deposited: 08 May 2019 03:55
Last Modified: 08 May 2019 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item