PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP AKHLAK SISWA MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TUNGAGUNG

ERNIZA ZULVA RIZQIANA, 17205153161 (2019) PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP AKHLAK SISWA MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional dan Pola ‎Asuh Orang Tua terhadap Akhlak Siswa MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun ‎Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Erniza Zulva Rizqiana, NIM. ‎‎17205153161, Dosen Pembimbing Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag.‎ Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Pola, Asuh, Demokratis, Orang, Tua, ‎Akhlak ‎ Tujuan utama dalam pendidikan islam adalah membentuk generasi berilmu ‎dan berakhlak. Akhlak pada tiap siswa tidaklah sama. Hal ini disebabkan oleh ‎beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak seperti tingkat ‎kecerdasan emosional siswa dan pola asuh orang tua siswa. Kecerdasan emosional ‎adalah ketrampilan yang dimiliki siswa dalam mengelola emosi. Dan pola asuh ‎orang tua adalah serangkaian cara yang digunakan oleh orang tua untuk mendidik ‎anaknya. Dengan adanya tingkat kecerdasan emosional yang baik dan pola asuh ‎orang tua yang tepat dapat mempengaruhi akhlak siswa.‎ Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh tingkat ‎kecerdasan emosional siswa terhadap akhlak siswa MI Hidayatuth Tholibin ‎Karangtalun Kalidawir Tulungagung? 2) Adakah pengaruh pola asuh demokratis ‎orang tua terhadap akhlak siswa MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir ‎Tulungagung? 3) Adakah pengaruh tingkat kecerdasan emosional siswa dan pola ‎asuh demokratis orang tua terhadap akhlak siswa MI Hidayatuth Tholibin ‎Karangtalun Kalidawir Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk ‎menjelaskan pengaruh tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap akhlak siswa ‎MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk ‎menjelaskan pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap akhlak siswa MI ‎Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan ‎pengaruh tingkat kecerdasan emosional siswa dan pola asuh demokratis orang tua ‎terhadap akhlak siswa MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir ‎Tulungagung.‎ Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ‎survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. ‎Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan ‎dokumentasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier ‎sederhana dan berganda, yang sebelumnya diuji prasyarat dan uji asumsi klasik.‎ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang ‎signifikan antara tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap akhlak siswa MI ‎Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung, yang dibuktikan ‎dengan nilai thitung (4,394) > nilai ttabel (2,101) dan pada taraf signifikansi 0,000 < ‎‎0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua ‎terhadap akhlak siswa MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir ‎Tulungagung, yang dibuktikan dengan nilai thitung (2,198) > nilai ttabel (2,101) dan ‎pada taraf signifikansi 0,041 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang dignifikan antara ‎tingkat kecerdasan emosional siswa dan pola asuh demokratis orang tua terhadap ‎akhlak siswa MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung, yang ‎dibuktikan dengan nilai Fhitung (12,105) > Ftabel (3,59) pada taraf signifikan 0,001 < ‎‎0,05. ‎

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153161 ERNIZA ZULVA RIZQIANA
Date Deposited: 13 May 2019 04:23
Last Modified: 13 May 2019 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10819

Actions (login required)

View Item View Item