KREATIFITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN NGANTRU TULUNGAGUNG

SAUFA RAHMA SALIS, 1721143367 (2019) KREATIFITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB)

Abstract

xvii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ngantru Tulungagung” ini ditulis Saufa Rahma Salis, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 1721143367, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A Kata kunci: Kreativitas Guru, Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatifitas guru dalam pembelajaran akidah akhlak, sejauh mana pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran akidah akhlak. Bahwa guru dalam mengajar akidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berbuat dan bertingkah laku. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian mengenai masalah kreatifitas guru di MTsN Ngantru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana kreatifitas guru dalam menggunakan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana kreatifitas guru dalam menggunakan media Aqidah Akhlak pembelajaran di MTsN Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ngantru Tulungagung, (2) Untuk dalam menggunakan strategi pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ngantru Tulungagung, (3) Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Ngantru Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Ngantru Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Ngantru Tulungagung sebagai dasar untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas guru dalam mengajar khususnya dalam mata pelajaran akidah akhlak, bagi para pembaca/peneliti yang lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara yang menghendaki komunikasi langsung dengan guru mata pelajaran akidah akhlak, selanjutnya observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknis analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak yakni dengan menyesuaikan materi yang disampaikan dengan melihat karakteristik siswa. Agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan, guru juga melakukan variasi berbagai macam metode pembelajaran dalam proses pembelajaran dikelas. Guru juga mempertimbangkan tentang banyaknya waktu dalam satu kali pertemuan dan juga fasilitas yang mendukung terlaksananya metode yang akan diterapkan. (2)Kreatifitas guru dalam menggunakan strategi pembelajaran aqidah akhlak yakni dalam kegiatan belajar-mengajar guru menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. (3) Kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran aqidah akhlak yakni dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Media yang guru gunakan antara lain Liquid Cristal Display Proyektor, Laptop, video, teman sejawat. Dalam memilih media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pelajaran, dan juga mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan siswa yaitu kemampuan siswa dalam menggunakan media tersebut dan keefektifan dari media tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143367 SAUFA RAHMA SALIS
Date Deposited: 08 May 2019 06:44
Last Modified: 08 May 2019 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item