PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII DI MTS PSM JELI KARANGREJO.

SITI MIFTACHUL MA’RIFAH, 17208153043 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII DI MTS PSM JELI KARANGREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DATAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII di MTs PSM Jeli Karangrejo” ini ditulis oleh Siti Miftachul Ma’rifah, NIM. 17208153043 dibimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: metode demonstrasi, aktivitas belajar, hasil belajar Dalam pembelajaran IPA diperlukan suatu metode pembelajaran yang mampu melibatkan keaktifan siswa. Baik secara fisik, mental, maupun emosional. Banyak siswa menganggap mata pelajaran IPA membingungkan dan sukar diingat. Karena dalam pelajaran IPA banyak mengandung materi yang bersifat abstrak yang menuntut siswa hanya membayangkan saja. Menyikapi hal tersebut, perlu diterapkan metode pembelajaran yang tepat dan efektif, yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga berupa torso manusia. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap aktivitas belajar, (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs PSM (Pesantren Sabilil Muttaqin) Jeli Karangrejo yaitu VIII A dan VIII B, dimana kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 35 siswa dengan menggunakan metode ceramah dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 40 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran IPA materi sistem ekskresi pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, (1) Ada pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap aktivitas belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai Sig.(2-tailed) . (2) Ada pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai Sig.(2-tailed) . (3) Ada pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi menggunakan alat peraga terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai Sig pada tabel Test of Between-Subject Effect .

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153043 SITI MIFTACHUL MA’RIFAH
Date Deposited: 15 May 2019 03:56
Last Modified: 15 May 2019 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item