METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL WATHONIYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG

UMI NAHDIYATUN NAFIAH, 17205153054 (2019) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL WATHONIYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Nahdiyatun Nafiah, NIM 17205153054, dengan dosen pembimbing oleh H.Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Metode Tahfidz Juz ‘amma, Kecerdasan Spiritual Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini, kebanyakan dari mereka memiliki tingkat kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang tinggi tanpa diimbangi oleh perilaku yang baik. Oleh karena itu, diharapkan melalui pembelajaran tahfidz juz ‘amma ini perilaku yang baik mereka akan meningkat sehingga mampu mencetak generasi islam yang berakhlak Qur’ani. Berangkat dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk membahasnya dalam pembuatan karya ilmiah yang berupa skripsi dengan judul Metode Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran tahfidz juz ‘amma melalui metode wahdah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung ? (2) Bagaimana pembelajaran tahfidz juz ‘amma melalui metode tasmi’ untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung ? (3) Bagaimana pembelajaran tahfidz juz ‘amma melalui metode muraja’ah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung dalam pembelajaran tahfidz melalui metode wahdah. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung dalam pembelajaran tahfidz melalui metode tasmi’. (3) Untuk mendeskripsikan tingkat kecerdasan spiritual peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Wathoniyah Rejotangan Tulungagung dalam pembelajaran tahfidz melalui metode muraja’ah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara peneliti gunakan untuk memperoleh data terkait metode pembelajaran tahfidz juz ‘amma untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui beberapa metode yaitu metode wahdah, tasmi’ dan muraja’ah. Sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk menggali data tentang profil madrasah, struktur organisasi xviii madrasah, kegiatan madrasah, serta dokumen madrasah. Triangulasi yang dipakai peneliti adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode wahdah yaitu metode menghafal Al Qur'an/Juz ‘amma untuk meningkatkan kecerdasan spiritual yang dilakukan dengan cara mengahafal per ayat yang diulang-ulang sampai beberapa kali sampai benar-benar hafal dengan baik dan benar. Melalui metode tersebut peserta didik menyadari bahwa segala kemampuan yang dimiliknya murni pemberian dari Allah SWT, serta mereka meyakini bahwa Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat muslim. (2) metode tasmi’ yaitu metode menghafal Al Qur'an/Juz ‘amma untuk meningkatkan kecerdasan spiritual yang dilakukan dengan cara memperdengarkan bacaan kepada orang lain. Dalam penerapannya guru terlebih dahulu memperdengarkan setiap ayat tiga kali kemudian peserta didik mendengar dan menirukannya. Melalui metode tersebut peserta didik diharapkan memiliki sifat menghormati, menghargai, saling membantu sesama serta patuh terhadap perintah orang lain. (3) metode muraja’ah yaitu menghafal Al Qur'an/Juz ‘amma untuk meningkatkan kecerdasan spiritual yang dilakukan dengan cara mengulang-ulang materi hafalan yang sudah pernah diperdengarkan kepada guru pembina tahfidz. Metode murajaah dilakukan untuk mereview atau mengulang materi hafalan yang sudah pernah diperdengarkan agar tidak mudah lupa. Melalui metode tersebut peserta didik diharapkan bisa mengulang-ulang perbuatan yang bernilai positif seperti terbiasa mengaji. x

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153054 UMI NAHDIYATUN NAFIAH
Date Deposited: 10 May 2019 02:53
Last Modified: 10 May 2019 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10863

Actions (login required)

View Item View Item