ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTs WALISONGO BESUKI

LUTFI WARDATI, 17204153009 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTs WALISONGO BESUKI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Di Mts Walisongo Besuki” ini ditulis oleh Lutfi Wardati NIM. 17204153009, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal Cerita Latar belakang dalam penelitian skripsi ini adalah kurang adanya kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Pembelajaran yang tidak menekankan proses berpikir kreatif siswa, maka siswa akan merasa kesulitan dan memiliki pandangan yang negatif terhadap pelajaran matematika. Setelah peneliti melakukan penelitian ada beberapa anak yang dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan dengan tingkat kemampuan siswa yaitu siswa kemampuan matematika tinggi, siswa kemampuan matematika sedang dan siswa kemampuan matematika rendah. Untuk itu siswa diharapkan dapat menjelaskan bagaimana proses ber pikir dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Tes dan wawancara dilakukan mengetahui proses berpikir kreatif siswa secara mendalam, sedangkan observasi dilakukan untuk mengetahui kondisi pembelajaran dalam kelas. Penelitian ini 6 siswa dipilih sebagai subjek penelitian dengan kriteria 2 siswa mewakili siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa mewakili siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa mewakili siswa berkemampuan rendah. Dalam pemilihan subjek didasarkan pada saat observasi dan pertimbangan dari guru matematika. Hasil temuan dari analisis data adalah sebagai berikut: 1) hasil analisis jawaban tes dan wawancara siswa berkemampuan tinggi memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dengan baik. Proses berpikir siswa berkemampuan tinggi lebih baik dari siswa dengan kemampuan sedang atau rendah. 2) hasil analisis jawaban tes dan wawancara siswa berkemampuan sedang memenuhi kedua indikator berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas, namun untuk indikator kebaruan siswa berkemampuan sedang belum mampu mencapainya. 3) hasil analisis jawaban tes dan wawancara siswa berkemampuan rendah hanya mampu memenuhi satu indikator berpikir kreatif saja yaitu kefasihan. Sedangkan fleksibilats dan kebaruan siswa ini belum dapat dicapai dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153009 LUTFI WARDATI
Date Deposited: 10 May 2019 03:28
Last Modified: 10 May 2019 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item