KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SOLIKATUL ZANAH, 17205153102 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Solikatul Zanah, NIM 17205153102, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri,S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Kesulitan Belajar Penelitian ini berkaitan dengan kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik harus bisa mengkombinasikan berbagai macam metode, strategi dan pendekatan pembelajaran yang bervariatif yang dapat memberikan rasa kenyamanan pada saat pembelajaran berlangsung. Seorang guru diharapkan mampu menampilkan dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Fokus penelitian yang akan di uji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana metode guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana pendekatan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mendeskripsikan metode guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, 2) mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 3) mendeskripsikan pendekatan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) metode guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik adalah: a) dalam mengatasi kesulitan belajar guru berusaha untuk memahami terlebih dahulu metode yang akan digunakan, b) menyesuaikan metode tersebut dengan isi materi, c) guru menggunakan metode bervariasi pada pembelajaran seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok sederhana, penugasan dan praktik, d) guru bermusyawarah dalam memilih dan menentukan metode-metode yang akan digunakan dalam pembelajarannya sehingga dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materinya. 2) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik adalah: a) guru lebih meningkatkan penguasaan materi, b) pemberian motivasi, c) menggunakan strategi pembelajaran bervariasi seperti strategi kooperatif (strategi pembelajaaran berkelompok) dan picture and picture, d) mengadakan ulangan serta perbaikan. 3) pendekatan guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dibedakan menjadi dua, yaitu pertama, pendekatan pembelajaran berdasarkan pada memecahkan masalah yakni: pendekatan individu dan pendekatan kelompok. Kedua pendekatan pembelajaran berdasarkan materi yaitu pendekatan saintifik dan pendekatan material centre strategies.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153102 SOLIKATUL ZANAH
Date Deposited: 08 May 2019 06:54
Last Modified: 08 May 2019 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item View Item