STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

INA RUCHANA, 17205153087 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (309kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ina Ruchana, NIM 17205153087, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai-Nilai Religius Menurunnya perilaku dan sikap religius khususnya pada anak usia sekolah dasar pada zaman modern ini dipengaruhi oleh semakin canggihnya teknologi dan menipisnya kesadaran bahkan hilangnya sikap religius yang menyebabkan karakter seseorang menurun. Peneliti ingin menggali mengenai strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MI Bendiljati Wetan Tulungagung dalam upaya mengatasi dan mengantisipasi menurunnya perilaku religius pada anak saat ini dan menjadikan anak lebih berakhlakul karimah untuk kehidupan yang akan datang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 2018/2019? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 2018/2019?. Penelitian ini dilakukan di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 2018/2019. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrsah, waka kurikulum, siswa kelas satu sampai kelas enam dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru dan siswa. Data sekunder yaitu raport, jurnal guru, dan catatan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan keabsahan data yaitu: Krediblitas (credibility), uji kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, trianggulasi sumber, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini berupaya menerapkan penanaman nilai-nilai religius siswa melalui strategi guru. strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa di MI Bendiljati Wetan dapat dilihat dari (1) perencanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa dilaksanakan melalui RPP guru, kegiatan rapat untuk menentukan strategi guru, persiapan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan penanaman nilai-nilai religius siswa serta pemberian motivasi-motivasi kepada siswa. (2) pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa dilaksanakan melalui kegiatan keteladanan seperti budaya S5 dan membiasakan sopan santun serta berjabat tangan, dan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, mengaji Al-Quran dan Iqra’, membaca hadist dan surat-surat pendek dalam Juz Amma serta istiqasah dan hafalan asmaul husna, kebiasaan jujur, disiplin dan tanggung jawab. (3) evaluasi strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa dilaksanakan melalui penilaian raport, pertemuan antara guru dengan kepala madrsah, pertemuan antara guru dengan wali murid, catatan guru dan pengamatan langsung oleh kepala sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153087 INA RUCHANA
Date Deposited: 09 May 2019 02:21
Last Modified: 31 Mar 2020 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10904

Actions (login required)

View Item View Item