UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI

Nur Hayati, 17201153398 (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMAN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (242kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Skripsi yg ditulis oleh Nur Hayati ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena perilaku siswa yang kurang disiplin ketika berada disekolah seperti datang terlambat suka membuat gaduh serta perilaku yang kurang terpuji di kelas karena kurangnya guru dalam mengawasi kegiatan siswa di lingkungan sekolah sehingga siswa kurang mendapatkan perhatian. Akibat dari kurangnya pengawasan dari guru membuat mereka merasa tidak bersalah dan tidak sadar atas perbuatanya, dari permasalahan tersebut para guru, khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan kewajiban untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri? 2. Bagaimana hambatan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisilinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri? 3. Bagaimana dampak dari upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri? 2. Untuk mengetahui hambatan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisilinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri? 3. Untuk mengetahui dampak dari upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi, perpanjangan penelitian, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri sebagai berikut: Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan penekanan pada siswa melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan berperilaku terpuji. Dimana guru pendidikan agama Islam selalu memberi pengarahan agar siswa selalu berperilaku menghargai orang lain, bertata krama yang baik, sopan santun, hormat kepada guru, hal ini di upayakan agar nanti ketika siswa lulus sekolah dan terjun ke masyarakat siswa sudah terbiasa dengan pembiasaan yang bapak atau ibu guru terapkan ketika disekolah. Selain guru pendidikan agama Islam juga selalu memberi penyadaran kepada siswa berupa sebuah motivasi agar siswa selalu disiplin dalam belajar, agar siswa taat pada peraturan yang ada di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. (2) Hambatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri,diantara lain: Latar Belakang Siswa dalam hal ini siswa memiliki karakter yang berbeda-beda kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya kedisiplinan belajar membuat siswa kurang semangat dalam belajar, selain itu lingkungan juga berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa karena apabila siswa berada di lingkungan yang tidak sehat akan menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam belajar. Selain itu prasarana sekolah juga harus memadahi kurangnya proyektor di sebagian kelas membuat guru kesusahan dalam mengaplikasikn rencana pembelajaran. (3) Dampak upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMAN 1 Plosoklaten Kediri diantara lain: Siswa sadar akan pentingnya disiplin belajar, Siswa terbiasa dengan penerapan perilaku terpuji, Mayoritas siswa tidak lagi melanggar tata tertib di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Kata kunci : Upaya Guru PAI, Kedisiplinan Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153398 Nur Hayati
Date Deposited: 27 May 2019 02:00
Last Modified: 01 Jul 2019 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10934

Actions (login required)

View Item View Item