PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MIX AND MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

SITI AINUN NAZHIROH, 17205153218 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MIX AND MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dan Mix and Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Plosokandang” ini ditulis oleh Siti Ainun Nazhiroh, NIM. 17205153218, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Scramble, Mix and Match, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia yang dicapai siswa masih menjadi masalah yang harus segera ditemukan solusinya. Hal ini disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas, sehingga siswa menjadi cenderung pasif. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Scramble dan Mix and Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar yang dicapai, dan apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Mix and Match terhadap hasil belajar siswa, demikian pula apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble dan Mix and Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment), dengan populasi seluruh siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang, sebagai sampel diambil siswa kelas tiga yang dibagi menjadi tiga kelompok, dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan satu kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian terdiri dari hasil belajar siswa pada masingmasing kelompok. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar pengamatan aktivitas siswa (observasi) dan tes hasil belajar (posttest). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi, independent sample t tes, dan anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang dicapai, dan penggunaan pembelajaran Mix and Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, demikian pula aktivitas siswa dalam pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang dicapai, dan penggunaan pembelajaran Mix and Match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, serta ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Scramble, pembelajaran Mix and Match, dan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran Scramble dan Mix and Match dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil belajar yang maksimal untuk siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153218 SITI AINUN NAZHIROH
Date Deposited: 09 May 2019 06:31
Last Modified: 09 May 2019 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item