LAILY INDAH NURMAYANTI, 17205153184 (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SDN 1 KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (704kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (814kB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Download (553kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (809kB) |
||
|
Text
BAB V .pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Implementasi Program Tahfidzul Qur’an di SDN 1 Kampungdalem Tulungagung” ini ditulis oleh Laily Indah Nurmayanti, NIM. 17205153184, pembimbing Moh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Pembentukan karakter religius siswa, tahfidzul qur’an. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa perkembangan dunia pendidikan semakin cepat sejalan dengan kemajuan teknologi dan komunikasi, namun pada masa kini perubahan karakter siswa mulai tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Rendahnya pendidikan karakter dilatarbelakangi oleh dua faktor. Pertama, sistem pendidikan yang kurang menekankan pembentukan karakter, tetapi lebih menekankan pengembangan intelektual. Kedua, kondisi lingkungan yang kurang mendukung pembangunan karakter yang baik. Sehinggga diperlukan sebuah penerapan dalam mengembangkan karakter religius siswa di sekolah dasar. Salah satunya dengan menerapkan program tahfidzul qur’an dapat membentuk karakter siswa yang lebih baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembentukan karakter shiddiq siswa melalui implementasi program tahfidzul qur’an di SDN 1 Kampungdalem Tulungagung? (2) Bagaimana pembentukan karakter fathonah siswa melalui implementasi program tahfidzul qur’an di SDN 1 Kampungdalem Tulungagung? (3) Bagaimana pembentukan karakter amanah siswa melalui implementasi program tahfidzul qur’an di SDN 1 Kampungdalem Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru tahfidz dalam menanamkan sikap shiddiq/kejujuran pada siswa yaitu dengan membentuk akhlaknya terlebih dahulu melalui pembiasaan tahfidzul qur’an. Pembiasaan tersebut antara lain setoran hafalan yang dapat melatih siswa untuk berkata jujur, dan pembiasaan muroja’ah di rumah yang dapat melatih siswa untuk dapat berkata jujur muroja’ah di rumah. Implikasi atau hasil implementasi program tahfidzul qur’an dalam pembentukan karakter shiddiq antara lain siswa yang bersikap jujur dalam setiap perkataan dan perbuatan, tidak mudah berbohong, siswa yang menghormati guru, siswa yang disiplin waktu berangkat pagi, dan berani bertanggung jawab atas setiap perbuatannya. (2) Dalam membentuk karakter fathonah/kecerdasan peserta didik melalui penerapan tahfidzul qur’an yaitu dengan meningkatkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Adapun pembiasaan yang dapat meningkatkan Emotional Quotient (EQ) tersebut seperti halnya guru berusaha dekat dengan siswa untuk malatih emosionalnya, melatih kepercayaan diri peserta didik melalui hafalan di depan guru, melatih kedisiplinan siswa melalui tata tertib pembelajaran tahfidzul qur’an, pemberian motivasi di awal dan di akhir pembelajaran tahfidz, Kemudian, adapun pembiasaan yang dapat meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) antara lain pembiasaan sholat dhuha berjamaah selesai pembelajaran tahfidz, dan pembiasaan membaca atau muroja’ah bersama-sama di awal pembelajaran tahfidzul qur’an. Implikasi atau hasil implementasi program tahfidzul qur’an dalam pembentukan karakter fathonah antara lain siswa yang semakin bijak dalam berpikir dan bertindak, memiliki kesadaran untuk belajar, dan memiliki integritas tinggi. (3) Dalam membentuk karakter amanah/dipercaya peserta didik melalui tahfidzul qur’an yaitu guru melatih peserta didik untuk menjaga hafalannya dengan muroja’ah dengan teman sebangku atau sendiri dan melatih siswa menjadi pemimpin doa di awal pembelajaran tahfidzul qur’an. Implikasi atau hasil implementasi program tahfidzul qur’an dalam pembentukan karakter amanah antara lain siswa yang bertanggungjawab dalam menjaga amanah hafalan Al-Qur’an, siswa yang memiliki percaya diri yang tinggi dan optimis dalam segala perilakunya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153184 LAILY INDAH NURMAYANTI |
Date Deposited: | 13 May 2019 03:10 |
Last Modified: | 13 May 2019 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10956 |
Actions (login required)
View Item |