MIFTACHUL FAIS, 17201153336 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ULUL ALBAB DALAM AL-QUR'AN DI PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (928kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (662kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
||
|
Text
Bab I.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text
Bab VI.pdf Download (361kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Miftachul Fais. NIM. 17201153336. Implementasi Pendidikan Ulul Albab dalam al-Qur’an di Pesantren Panggung Tulungagung. Skripsi.Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag Kata Kunci: Implementasi Pendidikan, Ulul Albab dalam al-Qur’an Penelitian ini di latarbelakangi oleh implementasi pendidikan ulul albab dalam al-Qur’an di Pesantren Panggung Tulungagung. Al-Qur’an selalu mendorong akal pikiran dan menekan pada upaya mencari ilmu pengetahuan serta pengalaman dari sejarah, dunia alamiah, dan diri manusia sendiri. Istilah ulul albab diambil dari bahasa al-Qur’an sehingga untuk memahaminya diperlukan kajian terhadap nash-nash yang berbicara tentang ulul albab. Pesantren adalah tempat yang dominan untuk pembentukan manusia sesuai dengan konsep ulul albab dalam al-qur’an. Pesantren juga merupakan lembaga pendidikan Islam yang unik dan memiliki ciri khas yang sangat kuat dan lekat. Pesantren merupakan sebuah lembaga yang masih efektif memproduksi generasi ulul albab. Dalam Pesantren terdapat sepirit yang egalitir dalam reproduksi generasi ulul albab, Ciri yang paling menonjol pada Pesantren ialah pendidikan dan pembentukan nilai-nilai keagamaan yang mempunyai sistem atau metode tersendiri terhadap santri-santrinya. Atas dasar itu, penelitian difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu (1) bagaimana konsep pendidikan ulul albab dalam al-Qur’an di Pesantren Panggung Tulungagung ?., (2) bagaimana pelaksanaan pendidikan ulul albab dalam al-Qur’an di Pesantren Panggung Tulungagung?., (3) bagaimana dampak pendidikan ulul albab dalam al-Qur’an di Pesantren Panggung Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Pesantren Panggung Tulungagung. Sumber data Pengasuh, Dewan Masyayikh, Asatidz, Pengurus Pesantren, santri dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, kekuatan pengamat, dan triangulasi. Hasil Penelitian. Pertama, Konsep pendidikan ulul albab dalam al-qur’an melalui: landasan filosofis, asas religiusitas, asas spritualitas, asas sains, asas doktrin as-salaf as-shalih dan asas profesionalis. Kedua, Pelaksanaan pendidikan ulul albab dalam al-Qur’an adalah Internalisasi nilai, Pendidikan yang bersifat Qur’any, Pendidikan yang bersifat Ijtihady, Pendidikan yang bersifat Ensiklopedik, Pendidikan Religiusitas dan Spritualitas. Ketiga, dampak pendidikan ulul albab dalam al-Qur’an adalah Kontruks karakter Islami, Transformasi sosial keagamaan, Literatur masyakakat multikultural.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153336 MIFTACHUL FAIS |
Date Deposited: | 09 May 2019 06:57 |
Last Modified: | 09 May 2019 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10978 |
Actions (login required)
View Item |