PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

AMBAR NASYA L.I, 17205153277 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDI AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Ambar Nasya L.I, NIM. 17205153277, pembimbing Dr. Erna Iftanti , S.S.,M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping,Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang terjadi dalam pendidikan IPA disekolah .Hal tersebut terjadi karena beberapa hal,diantaranya siswa kurang menyukai pelajaran IPA karena sebagian besar materinya sulit.Selain itu dalam proses kegiatan pembelajaran,guru lebih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan siswa merasa jenuh dan bosan sehingga peserta didik akan ceramah sendiri atau membuat gaduh kelas.Sehubungan dengan hal diatas ,peneliti ingin mengemukakan salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif ,menarik dan mencerdaskan siswa .Inovasi tersebut adalah model pembelajaran mind mapping.Model pembelajaran mind mapping ini dapat meningkatkan keterampilan guru,aktivitas belajar, dan hasil belajar.Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Adakah pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung ?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu.Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis (pre-tes dan post-tes).Populasinya adalah seluruh siswa SDI Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yang berjumlah 360 siswa.Samplingnya menggunakan purposive sampling.Sampelnya adalah kelas VA yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen,jadi totalnya yaitu 42 siswa.Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan model diatas ,selanjutnya penulis menganalisis data dengan rumus t-test .Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.Analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 0,05 dengan signifikansi 0,533. Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,533 ˃ 0,05, maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153277 AMBAR NASYA L.I
Date Deposited: 14 May 2019 02:16
Last Modified: 14 May 2019 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item