DEWI LATHIFATUT TAZKIYAH, 17205153321 (2019) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENGHAFAL ALQURAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ALQURAN JABALKAT SAMBIJAJAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (972kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Tilawati dalam Menghafal Alquran Siswa di Madrasah Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Lathifatut Tazkiyah, NIM. 17205153321, pembimbing Drs. H. Timbul, M. Pd. I. Kata kunci: Penerapan metode tilawati, menghafal Alquran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum mencapai target yang diharapkan dimana setiap tahun, setiap siswa harus mampu menghafal satu juz dengan baik dan lancar. Metode ini diterapkan satu tahun terakhir sebagai wujud pembenahan dari kekurangan sebelumnya dimana untuk membantu siswa mencapai target yang diharapkan lembaga. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai permasalahan tersebut sehingga dapat dipecahkan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat diambil fokus penelitian: (1) Bagaimanakah pendekatan metode tilawati yang diterapkan dalam menghafal Alquran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Alquran Jabalkat?; (2) Bagaimanakah kendala-kendala yang ada pada penerapan metode tilawati dalam menghafal Alquran siswa Madrasah Ibtidaiyah Alquran Jabalkat?; (3) Bagaimanakah solusi dari kendala-kendala yang ada pada penerapan metode tilawati dalam menghafal Alquran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Alquran Jabalkat? Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif tipe deskriptif, dimana peneliti sebagai key instrument, sumber data berupa data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi, analisis data dengan mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan, dan pengecekan keabsahan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendekatan metode tilawati yang diterapkan dalam menghafal Alquran siswa di MI Alquran Jabalkat masih belum maksimal, berdasarkan realita masih ada beberapa kendala yang muncul. Namun, dengan diterapkannya metode ini sudah mengalami perkembangan dari tahun sebelum-sebelumnya. (2) Kendala-kendala yang ada pada penerapan metode tilawati dalam menghafal Alquran siswa di MI Alquran Jabalkat yaitu penerapan sistem pembelajaran, alokasi waktu, pengelolaan kelas, malas pada diri siswa, kurang kontrol dari wali siswa di rumah, tidak ada evaluasi ziyadah kemarin dan mushaf yang digunakan berbeda-beda. (3) Solusi dari kendala-kendala yang ada pada penerapan metode tilawati dalam menghafal Alquran siswa di MI Alquran Jabalkat yaitu memaksimalkan sistem pembelajaran, manajemen waktu, kondisi kelas yang baik, menanamkan kesadaran dan tanggung jawab pada diri siswa, adanya buku penghubung, pre test setiap harinya dan menggunakan mushaf yang sama
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153321 DEWI LATHIFATUT TAZKIYAH |
Date Deposited: | 14 May 2019 02:16 |
Last Modified: | 14 May 2019 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10985 |
Actions (login required)
View Item |