Hidayah, Rulianti (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMPN I Bendungan. [ Skripsi ]
|
Text
Lampiran Awal.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I -V.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar, Bangun Datar. Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan persekolahan di Indonesia mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan jenjang Perguruan Tinggi. Penyampaian materi Matematika secara konvensional misalnya ceramah, akan membuat siswa jenuh sebagai akibatnya motivasi belajar dan prestasi belajar akan semakin menurun. Untuk itulah diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif salah satunya adalah creative problem solving. Pada model pembelajaran ini, siswa tidak hanya memecahkan permasalahan dalam Matematika tetapi juga dituntut untuk terampil dalam memecahkan masalah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak ada capaian dan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi bangun datar di SMPN I Bendungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester II SMPN I Bendungan yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan cluster random sample diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII A dan VII C. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Kedua kelas sampel sebelum materi diberi pre test dan sesudah materi diberi post test dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Dari hasil analisis data output pada SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat capaian hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) pada siswa kelas VII SMPN I Bendungan. Selanjutnya dari hasil analisis data output SPSS terdapat nilai signifikansi 0,004. Karena nilai signifikansi 0,004 < 0,05 maka maka Hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) pada siswa kelas VII SMPN I Bendungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2014 08:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2014 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11 |
Actions (login required)
View Item |