ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS IX SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK

MIFTAHUL AZIZAH, 17204153168 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS IX SMPN 2 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas IX SMP Negeri 2 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Miftahul Azizah NIM. 17204153168, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Koneksi Matematis dan Pemecahan Masalah Latar belakang penelitian dalam skripsi adalah pentingnya matematika dalam memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika garis singgung lingkaran. Sehingga diharapkan akan mampu memberikan gambaran secara singkat mengenai bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika garis singgung lingkaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif,. Adapun teknik yang diggunakan dalam penelitian adalah tes, wawancara, serta dokumentasi untuk menggali data. Teknik tes dan wawancara dilakukan guna untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dalam penelitian ini dipilih beberapa subjek penelitian dari kelas IX A yakni sebanyak 6 orang siswa, dimana 2 siswa mewakili siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa mewakili siswa dengan kemampuan matematika sedang, serta 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi 3 dari total 3 indikator kemampun koneksi matematis siswa yakni Siswa mengenali, menghubungkan dan menuliskan ide dalam matematika, Siswa mampu menghubungkan dan menuliskan antar ide satu dengan ide lain sehingga menghasilkan keterkaitan yang menyeluruh, dan Siswa mampu menerapkan matematika dalam menyesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. 2) Kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan sedang adalah siswa yang mampu memenuhi 2 dari total 3 indikator kemampun koneksi matematis siswa yakni Siswa mengenali serta menghubungkan dan menuliskan ide dalam matematika, Siswa mampu menghubungkan dan menuliskan antar ide satu dengan ide lain sehingga menghasilkan keterkaitan yang menyeluruh. Akan tetapi tidak memenuhi indikator ketiga yakni Siswa mampu menerapkan matematika dalam xvii menyesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. 3) Kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan rendah adalah siswa yang mampu memenuhi 1 dari total 3 indikator kemampun koneksi matematis siswa yakni Siswa mengenali, menghubungkan dan menuliskan ide dalam matematika. Akan tetapi tidak dapat memenuhi indikator kedua dan ketiga yakni Siswa mampu menghubungkan dan menuliskan antara ide satu dengan ide lain sehingga menghasilkan keterkaitan yang menyeluruh, dan Siswa mampu menerapkan matematika dalam menyesaikan masalah di kehidupan sehari-hari

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153168 MIFTAHUL AZIZAH
Date Deposited: 13 May 2019 01:50
Last Modified: 13 May 2019 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item