PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SMALB SLB KANIGORO KRAS KEDIRI

M.IHSAN NUR RIZAL, 17201153216 (2019) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SMALB SLB KANIGORO KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (768kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Didik Tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri” ini di tulis oleh M. Ihsan Nur Rizal, NIM. 17201153216, di bimbing oleh Dr. Luluk Atiratu Zahro, M. Pd. Kata Kunci : Pelaksanaan pendidikan agama Islam, tunagrahita Adanya penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan anak tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri yang membutuhkan kehidupan jasmani dan rohani yang layak. Dengan pendidikan agama Islam dapata mengembangkan potensi mereka agar dapat bergaul dan dapat diterima di lingkungan keluarga dan masyarakatnya. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri. (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri ? (3) bagaiamana hasil pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunagrahita SMALB SLB Kanigoro?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunagrahita SMALB SLB Kanigoro (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunagrahita SMALB SLB Kanigoro (3) Mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMALB SLB Kanigoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Lokasi penelitian ini di Desa Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), consclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan agama Islam peserta didik tunagrahita SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri memiliki komponenkomponen pendidikan berupa tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi dengan menyesuaikan kebutuhan peserta didik tunagrahita yang lebih mengutamakan kepada ketrampilan dan akhlak. (2) Faktor pendukung pendidikan agama islam di SMALB SLB Kanigoro Kras kediri yaitu dukungan orang tua , lingkungan yang baik dan guru yang profesional, untuk faktor penghambat pendidikan agama Islam meliputi faktor pribadi peserta didik tunagrahita, fasilitas kurang memadai, faktor orang tua yang tidak mementingkan pendidikan anaknya, dan faktor lingkungan yang buruk. (3) Hasil belajar pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunagrahita di SMALB SLB Kanigoro Kras Kediri meliputi menjalankan sholat fardu sesuai kemampuan masing masing peserta didik, terbiasa mengucapkan salam, menghormati orang tua dan memiliki sikap tolong-menolong

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153216 M.IHSAN NUR RIZAL
Date Deposited: 10 May 2019 02:56
Last Modified: 10 May 2019 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11079

Actions (login required)

View Item View Item