EMI TARIF TRIWAHYUNI, 17205153194 (2019) PENGARUH NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (637kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (442kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (313kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Negatif Game Online terhadap Konsentrasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Emi Tarif Triwahyuni, NIM 17205153194. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, yang dibimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. NIP. 197608272005011055 Kata kunci: Game Online, Konsentrasi belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudah, salah satunya permainan game online yang merupakan alat permainan yang saat ini sebagai media hiburan. Bagi pelajar yang sering memainkan game online tentunya akan menyebabkan anak menjadi katagihan. Ketagihannya memainkan game online tentunya akan berdampak baginya, diantaranya pada konsentrasi dan prestasi belajar siswa. Karena konsentrasi dan prestasi belajar keduanya samasama dipengaruh negatifi oleh faktor intrinsik maupun ekstrinsik dan game online merupakan salah satu faktor ekstrinsik terhadap konsentrasi dan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek? (2) Adakah pengaruh negatif game online terhadap prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek? (3) Adakah pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi. populasinya seluruh peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek, sampel populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI yang berjumlah 30 orang. Teknik Samplingnya menggunakan Nonprobabiliti Sampling jenis sampling purposive. Variabel penelitiannya adalah independent variabel dan dependent variabel, teknik dan instrumen pengumpulan data adalah angket kepada responden dan dokumentasi. Data yang terkumpul sebelumnya dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesisnya menggunakan uji regresi linier sederhana dan MANOVA dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI xx Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek dengan dibuktikan dari hasil t hitung > ttabel .(2,811 > 2,048) atau jika tsig < α (0,009 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara game online terhadap prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (2,693 > 2,048) atau jika tsig < α (0,012 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara game online terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek dengan dibuktikan pada variabel konsentrasi belajar, nilai Sig 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima , dan pada variabel prestasi belajar, diketahui nilai Sig 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153194 EMI TARIF TRIWAHYUNI |
Date Deposited: | 10 May 2019 06:20 |
Last Modified: | 10 May 2019 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11102 |
Actions (login required)
View Item |