PENGARUH NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK

EMI TARIF TRIWAHYUNI, 17205153194 (2019) PENGARUH NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SUKORAME GANDUSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Negatif Game Online terhadap Konsentrasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek” ini ditulis oleh Emi Tarif Triwahyuni, NIM 17205153194. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, yang dibimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. NIP. 197608272005011055 Kata kunci: Game Online, Konsentrasi belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudah, salah satunya permainan game online yang merupakan alat permainan yang saat ini sebagai media hiburan. Bagi pelajar yang sering memainkan game online tentunya akan menyebabkan anak menjadi katagihan. Ketagihannya memainkan game online tentunya akan berdampak baginya, diantaranya pada konsentrasi dan prestasi belajar siswa. Karena konsentrasi dan prestasi belajar keduanya samasama dipengaruh negatifi oleh faktor intrinsik maupun ekstrinsik dan game online merupakan salah satu faktor ekstrinsik terhadap konsentrasi dan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek? (2) Adakah pengaruh negatif game online terhadap prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek? (3) Adakah pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek (2) Untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek (3) Untuk mengetahui pengaruh negatif game online terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasi. populasinya seluruh peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek, sampel populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI yang berjumlah 30 orang. Teknik Samplingnya menggunakan Nonprobabiliti Sampling jenis sampling purposive. Variabel penelitiannya adalah independent variabel dan dependent variabel, teknik dan instrumen pengumpulan data adalah angket kepada responden dan dokumentasi. Data yang terkumpul sebelumnya dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesisnya menggunakan uji regresi linier sederhana dan MANOVA dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara game online terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI xx Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek dengan dibuktikan dari hasil t hitung > ttabel .(2,811 > 2,048) atau jika tsig < α (0,009 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara game online terhadap prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek dengan dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (2,693 > 2,048) atau jika tsig < α (0,012 < 0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh negatif yang signifikan antara game online terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek dengan dibuktikan pada variabel konsentrasi belajar, nilai Sig 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima , dan pada variabel prestasi belajar, diketahui nilai Sig 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153194 EMI TARIF TRIWAHYUNI
Date Deposited: 10 May 2019 06:20
Last Modified: 10 May 2019 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item View Item