PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA KELAS VIII DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

KHOIRUL MUTAFARIDA, 17210153029 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA KELAS VIII DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan kegiatan yang saat ini difokuskan dalam dunia pendidikan, khususnya pada kurikulum 2013. Membangun pendidikan karakter bagi anak pun bukan hal yang mudah. Perlu adanya pelopor yang menjadi teladan, proses pembiasaan dan kontrol pengawasan, sehingga upaya penanaman pendidikan karakter ini perlu dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, semakin berkembang zaman, semakin berkembang pula teknologi serta pola pikir peserta didik. Hal ini sedikit demi sedikit memberikan dampak berupa lunturnya nilai agama, sosial serta moral dalam tatanan masyarakat. Kondisi seperti ini tentunya menjadikan bibit penerus bangsa ikut terancam mengalami penurunan karakter. Penanaman karakter dapat ditempuh melalui beberapa tahap, yakni proses pembiasaan, pegawasan dan kontrol. Ketiga tahap ini akan lebih mudah dilakukan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran, ada seorang guru yang menjadi fasilitator bagi peserta didik. Jadi, ketiga tahap tadi akan lebih efektif ketika dipantau secara kondusif oleh seorang guru. Pembelajaran drama merupakan salah satu pembelajaran dalam Bahasa Indonesia yang menuntut peserta didik untuk memainkan suatu peran. Dari pembelajaran ini, peserta didik dituntut untuk membawakan karakter suatu tokoh. Sehingga, pembelajaran drama merupakan pembelajaran yang efektif untuk menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran drama sebagai media penanaman pendidikan karater pada peserta didik. Penelitian yang dilakukan diambil mulai dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Disamping itu, penelitian ini berjenis kualitatif. Jenis penelitian kualitatif tersebut digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/ kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Pembahasan penelitian berisi tentang penanaman pendidikan karakter melalui pembelajaran teks drama kelas VIII SMP mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada proses perencanaan, fokus karakter dituliskan pada Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada Silabus, karakter yang dimunculkan ditulis pada bagian kolom karakter, sedangkan pada RPP ditulis pada tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran drama guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Bustanul Muta’allimin melakukan pembelajaran sesuai RPP yang telah dibuat. Pendidikan karakter juga termuat pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru Bahasa Indonesia telah memasukkan nilai-nilai karakter melalui model pembelajaran yang ditelah dipilih meliputi metode, stategi, media pembelajaran. Proses evaluasi pembelajaran drama dilakukan dengan tes tulis dan tes kinerja dilengkapi dengan kisi-kisi penilaian, rubrik penskoran dan pedoman penilaian. Kegiatan remidial dan pengayaan juga dilakukan untuk siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Kegiatan ini diwujudkan dalam penguatan materi dan latihan-latihan melalui game.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 17210153029 KHOIRUL MUTAFARIDA
Date Deposited: 10 May 2019 07:41
Last Modified: 10 May 2019 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item