ELA LULUATUL MUFATAHAH, 17201153413 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN ETIKA MORAL DAN ADAB SISWA DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (404kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (691kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
Abstract
ABSTRAK Ela Luluatul Mufatahah, NIM. 17201153413, Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Etika, Moral dan Adab Siswa di MTsN 5 Tulungagung. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung, 2019. Pembimbing Dr. H. Nursamsu, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Pembinaan Etika, Moral dan Adab Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah pokok yang sangat menonjol dewasa ini adalah kaburnya nilai-nilai etika, moral dan adab di mata generasi muda. Mereka dihadapkan kepada berbagai kontradiksi dan aneka ragam pengalaman moral, yang menyebabkan mereka bingung untuk memilih mana yang baik untuk mereka. Karena kehidupan yang semakin maju dan modern serta aneka ragam kebudayaan asing yang masuk seolah-olah tanpa saringan membuat anak menjadi terombang-ambing dalam proses pembentukan kepribadian. Apa yang mereka dapatkan dari sekolah terkadang bertentangan dengan apa yang terjadi di lingkungan sosialnya, dan itu membuat anak menjadi lebih sulit untuk membentuk kepribadian yang baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana langkah, hambatan, dan dampak strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Laporan penelitian deskriptif akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Metode pengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung meliputi pemantauan, pengarahan, keteladanan, pembiasaan dan hukuman. 2) Hambatan strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung meliputi latar belakang keluarga yang berbeda-beda, lingkungan mayarakat kurang mendukung dan budaya masa kini. 3) Dampak strategi guru PAI dalam pembinaan etika, moral dan adab siswa di MTsN 5 Tulungagung adalah adanya perubahan yang baik terhadap sikap, tingkah laku serta kedisiplinan pada saat di sekolah maupun di rumah. Semakin minimnya anak membolos, tidak masuk dan mengabaikan tugas. Orangtua siswa lebih sering datang ke sekolah untuk berkonsultasi guna memantau perkembangan anaknya. Siswa mulai sadar dan lebih sopan dalam berbicara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153413 ELA LULUATUL MUFATAHAH |
Date Deposited: | 10 May 2019 07:52 |
Last Modified: | 10 May 2019 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11123 |
Actions (login required)
View Item |