LIYA LUTFIYANA, 17210153014 (2019) PEMAKAIAN TANDA BACA, HURUF KAPITAL, DAN KATA BAKU PADA KARYA TULIS ILMIAH SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (151kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (554kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (452kB) |
Abstract
LIYA LUTFIYANA. 17210153014. 2019. Pemakaian Tanda Baca, Huruf Kapital, dan Kata Baku pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBIN). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. NIP 19660201 200701 1002. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesalahan penulisan tanda baca, huruf kapital, dan kata baku yang kurang diperhatikan pada karya tulis ilmiah siswa, karena cenderung menganggap mudah segala sesuatu, hal ini yang menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan menganalisis “Pemakaian Tanda Baca, Huruf Kapital, dan Kata Baku pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pemakaian tanda baca, huruf kapital, dan kata baku pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Penelitian ini termasuk pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah karya tulis ilmiah siswa kelas XI. Datanya berupa pemakaian tanda baca, huruf kapital, dan kata baku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan dokumentasi dan wawancara tidak berstruktur. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 44, terdiri atas 17 kesalahan pemakaian tanda baca titik (.), 6 kesalahan pemakaian tanda baca hubung (-), 4 kesalahan pemakaian tanda baca petik (“...”), 13 kesalahan pemakaian tanda baca koma (,), 2 kesalahan pemakaian tanda baca titik dua (:), dan 2 kesalahan pemakaian tanda baca pisah. Kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 36, terdiri atas 7 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai huruf pertama awal kalimat, 6 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa, 14 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi, 3 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari besar atau hari raya, 2 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai unsur yang dipakai sebagai pengganti nama orang, 1 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai huruf pertama unsur singakatan nama gelar, pangkat, atau sapaan, dan 3 kesalahan pemakaian huruf kapital sebagai setiap kata nama agama dan kata ganti untuk Tuhan. Kesalahan dalam pemakaian huruf kapital merupakan kesalahan paling sedikit dilakukan oleh siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Kesalahan Pemakaian kata baku sebanyak 46, terdiri atas 5 kesalahan dikarenakan pembubuhan huruf vokal, 9 kesalahan dikarenakan penggantian huruf vokal, 12 kesalahan dikarenakan penggantian huruf konsonan, 1 kesalahan dikarenakan pembubuhan huruf konsonan, 1 kesalahan dikarenakan penghilangan huruf konsonan, 4 kesalahan dikarenakan penggantian huruf
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | SKRIPSI 17210153014 Liya Lutfiyana |
Date Deposited: | 10 May 2019 07:42 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 12:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11125 |
Actions (login required)
View Item |