Selviana, Eva (2014) Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalek. [ Skripsi ]
|
Text
3 awal.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Strategi, Kompetensi Pedagogik , Guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Strategi apa yang dilaksanakan dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalek. 2) Bagaimana implikasi strategi pengembangan kompetensi pedagogik Guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalek Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis data spiral, yaitu metode analisis data dengan pengentrian data dari teks dan gambar kemudian hasil terahir berupa laporan dan narasi. Temuan penelitian ini yaitu meliputi: 1) Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik guru dikembangkan oleh guru PAI melalui strategi pendidikan dan pelatihanpelatihan baik dari luar lembaga maupun dalam lembaga. Kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalek sudah bisa dikatakan sudah terlaksana dengan cukup baik, semua guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalek telah berusaha menerapkan sepuluh indikator kompetensi pedagogik, guru PAI telah menyiapkan RPP setiap kali akan mengajar, RPP telah sesuai dengan standar kurikulum yang telah ditetapkan, menggunakan strategi atau pendekatan yang sesuai, pemanfaatan media mengaktifkan siswa, menguasai materi, penilaian proses dan hasil. Dari hasil analisis ini menyatakan bahwa strategi yang di laksanaan untuk pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalekdi menggunakan pendidikan dan pelatihan yang berbentuk: MGMP, workshop, seminar, diskusi, pelatihan implementasi kurikulum 2006 dan lain-lain. Sedangkan yang berbentuk pelatihan dan pelaksanaan tugas yaitu: pelatihan pembuatan silabus dan RPP. 2) Adapun implikasi dari strategi pengembangan kompetensi pedagogik Guru PAI di SMA Negeri 1 Trenggalek sangat memiliki nilai lebih terhadap kualitas pembelajaran. ditandai dengan terjadi perbaikan proses pembelajaran dan kinerja guru yang berimplikasi pada mutu/prestasi hasil belajar peserta didik baik akademik maupun non akademik. Selanjutnya, semoga penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi guru PAI dan bahan informasi bagi civinitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Tulungagung. xiv
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 03:48 |
Last Modified: | 29 Oct 2014 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/112 |
Actions (login required)
View Item |