PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTS NEGERI 1 BLITAR

SITI MASYKUROTUS SA'ADAH, 17210153019 (2019) PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTS NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (186kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII MTs Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Siti Masykurotus Sa’adah, NIM. 17210153019, dosen pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pemberlakuan kurikulum 2013 yang secara implisit memberikan kesempatan kepada satuan pendidikan, baik dasar maupun menengah untuk mempersiapkan lembaganya dalam implementasi kurikulum 2013. Implementasi kurikulum 2013, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang mengalami pembaruan cukup banyak, baik dalam muatan kompetensi inti dan kompetensi dasar, materi pembelajaran, tambahan jam tatap muka, muatan literasi dan penguatan nilai-nilai karakter pada siswa. Terkait hal tersebut, guru harus mempunyai kesiapan dalam proses belajar mengajar, kesiapan ini meliputi tiga bagian, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia. Realitanya banyak guru yang belum siap secara mental dengan pemberlakuan kurikulum 2013, karena kurikulum 2013 menuntut guru lebih kreatif. Terkait dengan masalah-masalah yang dialami guru dalam implementasi kurikulum 2013, diperlukan adanya penelitian yang lebih mendetail sehingga nantinya dapat dilakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum 2013 beserta hal-hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) permasalahan apa yang dihadapi guru dalam perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII MTs Negeri 1 Blitar? (2) permasalahan apa yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII MTs Negeri 1 Blitar? (3) permasalahan apa yang dihadapi guru dalam penilaian pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII MTs Negeri 1 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi guru, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII MTs Negeri 1 Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi guru MTs Negeri 1 Blitar sebagai rujukan dalam menghadapi permasalahan saat menyusun atau merancang perangkat pembelajaran, melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan melakukan penilaian pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia itu sendiri. Bagi sekolah MTs Negeri 1 Blitar sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia itu sendiri. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai rujukan untuk penelitian lebih lanjut dan mampu mengatasi permasalahan di lapangan, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia itu sendiri. Rancangan penelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif dengan kehadiran peneliti sebagai instrumen utama. Lokasi penelitian di MTs Negeri 1 Blitar. Dengan data berupa fakta maupun angka. Dengan dua jenis sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dengan person (Bapak Awang Mahaja, S.Pd dan Ibu Rinda Hayuni, S.Pd), Place (kelas VII eksellen 1, VII-4, VII-7, dan VII-8), paper (rencana pelaksanaan pembelajaran dan daftar nilai siswa). Sumber data sekunder berupa buku-buku tentang pembelajaran bahasa Indonesia dan materi lain yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data dengan uji credibility, uji transferability, uji depenability, dan uji confirmability. Tahap penelitian kualitatif, meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian perencanaan, permasalahan yang dialami guru adalah pemilihan media dan metode pembelajaran kurang bervariasi dan kreatif. Selain itu, guru tidak menuliskan soal remedial dan pengayaan untuk siswa, serta guru kurang begitu paham dalam pembuatan program semester maupun program tahunan. Dampak dari permasalahan pada bagian perencanaan pembelajaran ini menimbulkan permasalahan pada saat pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia terdapat pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran pada ketiga kegiatan ini belum terlaksana dengan baik. Selanjutnya permasalahan yang dialami guru adalah tidak diterapkannya penilaian pembelajaran yang telah dicantumkan didalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: SKRIPSI 17210153019 SITI MASYKUROTUS SA'ADAH
Date Deposited: 13 May 2019 03:43
Last Modified: 13 May 2019 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11203

Actions (login required)

View Item View Item