YENI SUHARTATIK, 17401153207 (2019) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA BAITUL MAAL WA TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI CABANG PEMBANTU KRAKSAAN PROBOLINGGO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Anggota BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kraksaan Probolinggo” ditulis oleh Yeni Suhartatik, NIM. 17401153207, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M. Ag Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan dan semakin pesatnya pertumbuhan lembaga keuangan yang ada di Indonesia, hal ini mendorong Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo untuk dapat mempertahankan esksistensi lembaga, perlu adanya usaha untuk mempertahankan anggota serta dalam meningkatkan jumlah anggota. Yaitu dengan menerapkan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari 7 variabel: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence dalam meningkatkan jumlah anggota. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pernerapan bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota yang dilakukan Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo? 2) Apa saja pendukung dan penghambat dalam peningkatan jumlah anggota di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan konsep bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota yang dilakukan Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo 2) Untuk mendeskripsikan tentang pendukung dan penghambat dalam peningkatan jumlah anggota di Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi yang diterapkan dalam meningkatkan jumlah anggota yaitu dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P antara lain: Product (Produk) sesuai dengan kebutuhan anggota, Price (Harga) yang kompetitif, Place (Tempat) sangat strategis, Promotion (Promosi) berbagai media serta sosialisasi, People (Orang/Partisipan) yang berkualitas, Process (Proses) cepat, dan Physical Evidence (Bukti fisik) fasilitas lengkap. 2) Dari sisi pendukung bahwa penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Koperasi BMT UGT Sidogiri Capem Kraksaan Probolinggo, dari ke7 variabel bauran pemasaran tersebut masing-masing memiliki faktor pendukung dalam upaya meningkatkan jumlah anggota. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dari penerapan strategi bauran pemasaran ini hanya ada 2 variabel yang memiliki faktor penghambat, yaitu Price (Harga) penunggakan dan Process (Proses) minim pengetahuan anggota. Kata kunci: Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Meningkatkan jumlah Anggota, BMT, UGT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153207 YENI SUHARTATIK |
Date Deposited: | 13 May 2019 03:06 |
Last Modified: | 13 May 2019 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11210 |
Actions (login required)
View Item |