FARICHA FITRIANA MALIK, 17204153260 (2019) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT (PENGUATAN) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI PERBANDINGAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (646kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Positive Reinforcement (Penguatan) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Perbandingan Kelas VII di MTsN 2 Kota Blitar” ditulis oleh Faricha Fitriana Malik, NIM. 17204153260, Pembimbing: Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Positive reinforcement (penguatan), motivasi, hasil belajar, dan perbandingan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang guru yaitu dapat memberikan penguatan. Pemberian penguatan ini tentunya untuk meningkatkan perhatian siswa pada suatu mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 1) Terdapat pengaruh pemberian positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VII materi perbandingan MTsN 2 Kota Blitar, 2) Terdapat pengaruh pemberian positive reinforcement (penguatan) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII materi perbandingan MTsN 2 Kota Blitar dan 3) Terdapat pengaruh pemberian positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII materi perbandingan MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini mengarah pada quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Kota Blitar sebanyak 364 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulakan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Uji yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII materi perbandingan di MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini terlihat dari nilai signifikasi 0,000<0,005, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_1 diterima. 2) Ada pengaruh positive reinforcement (penguatan) terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi perbandingan di MTsN 2 Kota Blitar. Hal ini terlihat dari nilai signifikasi 0,001<0,005, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H_1 diterima.. 3) Ada pengaruh positive reinforcement (penguatan) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII materi perbandingan di MTsN 2 Kota Blitar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis multivariate tests dengan nilai signifikansi untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace dan Roy's Largest Root = 0,000 ˂ 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153260 Faricha Fitriana Malik |
Date Deposited: | 14 May 2019 06:54 |
Last Modified: | 14 May 2019 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11249 |
Actions (login required)
View Item |