PENERAPAN SIMPANAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SISWA MI BAHRUL ULUM PAKISAJI MALANG PADA KOPERASI SYARIAH KANINDO JAWA TIMUR KANTOR CABANG PEMBANTU PAKISAJI MALANG

ANNA ROSIDA, 1741143039 (2019) PENERAPAN SIMPANAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SISWA MI BAHRUL ULUM PAKISAJI MALANG PADA KOPERASI SYARIAH KANINDO JAWA TIMUR KANTOR CABANG PEMBANTU PAKISAJI MALANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Simpanan Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Siswa MI Bahrul Ulum Pakisaji Malang Pada Koperasi Syariah Kanindo Jawa Timur Kantor Cabang Pembantu Pakisaji Malang” ini ditulis oleh Anna Rosida, NIM 1741143039, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M. Ag. Penelitian ini dilatar belakangi upaya sekolah dalam meningkatkan minat menabung siswa, yang salah satunya menggunakan kerja sama dengan pihak koperasi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan simpanan pendidikan di MI Bahrul Ulum Pakisaji Malang dalam meningkatkan minat menabung siswa? (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat untuk meningkatkan minat menabung siswa MI Bahrul Ulum Pakisaji Malang? (3) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh MI Bahrul Ulum dalam meningkatkan minat menabung siswa melalui penerapan simpanan pendidikan di Koperasi Syariah Kanindo Jawa Timur KCP Pakisaji Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan penelitian studi kasus, dimana peneliti mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi dengan staf lembaga maupun staf sekolah yang diteliti melalui beberapa teknik pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Dalam menganaisis data, peneliti menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk meguji keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa (1) Dalam menerapkan simpanan pendidikan pihak sekolah selalu membuat program untuk menarik minat siswa gemar menabung, selain itu juga menghimbau kepada orang tua untuk selalu menyemangati anaknya supaya gemar menabung untuk tabungan kelak di masa depan. (2) faktor pendukung dari upaya yang dilakukan sekolah yaitu semakin giatnya siswa untuk menabung, sehingga siswa mempunyai simpanan untuk masa depannya, dan faktor penghambatnya yaitu kurang maksimalnya upaya yang telah dilaksanakan oleh piak sekolah, karena walaupun sudah banyak siswa yang menerapkan adanya fasilitas untuk menabung, tetapi ada beberapa siswa yang belum termotivasi dengan simpanan pendidikan tersebut. (3) Upaya meningkatkan minat menabung siswa yang dilakukan sekolah yaitu adanya edukasi yang bermanfaat untuk memotivasi siswa tentang budaya menabung, loker siswa yang bertujuan untuk menambah semangat dalam gemar menabung, dansosialisasi wali murid yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan kepercayaan simpanan pendidikan. Kata kunci: penerapan, simpanan pendidikan, minat menabung, koperasi syariah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143039 ANNA ROSIDA
Date Deposited: 13 May 2019 07:50
Last Modified: 13 May 2019 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item