PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 4 TULUNGAGUNG

PUTRI DWI RAHAYU, 17205153245 (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB IIII.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Dwi Rahayu, NIM. 17205153245. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto., S.Or., S.Kom., M.Pd Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi, Hasil Belajar Seiring dengan kemajuan zaman yang maju dan modern, pendidikan juga semakin maju untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Namun dengan kemajuan pendidikan saat ini masih banyak guru yang tidak memperhatikkan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan pada khususnya mata pelajaran fiqih. Oleh karena itu terjadilah penurunan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. dengan mengetahui metode demonstrasi, guru dan siswa dapat mengelola cara belajar yang efektif, yang akan menghasilkan suatu pembelajaran yang efektif, akan mempermudah siswa untuk memahami materi yang diajarkan, selain itu akan menghasilkan proses pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini berlatar belakang terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung? (4) adakah pengaruh metode demonstrasi melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas III di MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas III di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung. (4) untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 41 siswa. sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh kelas III-A dan kelas III-B. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan di dukung dengan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova dan uji path analisis dengan bantuan sofware SPSS for windows versi 16.0 xvi Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MIN 4 Tulunggung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova, untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MIN 4 Tulungagung. (2) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di MIN 4 Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji manova, untuk hasil belajar siswa diperoleh Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengarh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat tarawih. (3) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji manova, untuk motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas III di MIN 4 Tulungagung. (4) Ada pengaruh metode demonstrasi melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 4 Tulungagung. Berdasarkan perhitungan uji path analisis, untuk varibel X melalui Y terhadap Z diperoleh Sig. sebesar 0,031. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III di MIN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153245 PUTRI DWI RAHAYU
Date Deposited: 14 May 2019 06:41
Last Modified: 14 May 2019 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item