HIMATUL NAFINGAH, 17205153225 (2019) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V MIN 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Himatul Nafingah, NIM 17205153225, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto., S.Or., S.Kom., M.Pd. Kata Kunci : Picture and Picture, Motivasi, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan yang semakin terus berkembang dan maju sehingga proses pembelajaran penting untuk dapat berinovasi. Tenaga pendidik di sekolah dalam penyampaian materi masih ada yang menggunakan metode ceramah (konvensioanal). Pembelajaran secara konvensional merupakan pembelajaran yang pada proses kegiatannya pendidik menyampaikan materi dengan ceramah dan peserta didik duduk diam mendengarkan, sehingga peserta didik menjadi pasif. Motivasi (ketertarikan) peserta didik terhadap materi yang diajarkan menjadi rendah sehingga berpengaruh terhadap prestasi (hasil) belajar. Inovasi dan kreasi dalam proses pembelajaran penting untuk penguasaan terhadap materi, sehingga salah satu inovasi pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran picture and picture dengan penggunaan media gambar yang bervariasi yang dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu model yang berdampak pada motivasi siswa. Model tersebut dapat membuat siswa untuk lebih berkonsentrasi dan merasa asyik sehingga semangat dalam mendalami materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah ada pengaruh model picture and picture terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung? (2) Adakah ada pengaruh model picture and picture terhadap prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh bersama-sama antara model picture and picture terhadap motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh model picture and picture terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. (2) Menjelaskan pengaruh model picture and picture terhadap prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. (3) Menjelaskan pengaruh model picture and picture terhadap motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB MIN 4 Tulungagung yang terdiri dari 35 siswa. Variabel bebas: model picture and picture. Variabel terikat: motivasi dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,005 kurang dari 0,05. (2) Ada pengaruh model picture and picture terhadap prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. (3) Ada pengaruh model picture and picture terhadap motivasi dan prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil uraian tersebut, maka H0 dan Ha ditolak yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model picture and picture terhadap motivasi dan prestasi belajara pada pembelajaran IPA siswa kelas V MIN 4 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153225 Himatul Nafingah |
Date Deposited: | 14 May 2019 07:36 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 01:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11318 |
Actions (login required)
View Item |