YULIANTI, 172015153183 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (575kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik di MI Nurul Islam Mirigambar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Yulianti, NIM. 17205153183, dibimbing oleh Ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Mata Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan sekolah menyediakan sumber belajar yang tidak ada habisnya untuk dunia pendidikan. Lingkungan sekolah memberikan kontribusi yang baik bagi pembelajaran, di antaranya yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, memberikan pengalaman langsung kepada siswa, membentuk sikap dan karakter siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Terutama pada mata pelajaran tematik, dimana pembelajan ini lebih menekankan pada pembelajaran secara langsung, melakukan praktik secara langsung dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan begitu, kreativitas guru sanagat dibutuhkan dalam memanfaatkan sumber belajar di dalam proses pembelajaran. Pada umumnya guru-guru MI/SD hanya menggunakan metode ceramah dan hanya terpaku dengan materi yang ada di LKS saja serta kurang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar siswa. Namun, beda halnya dengan MI Nurul Islam Mirigambar yang mendesain lingkungan sekitar sekolah yang sangat menarik sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kreativitas guru dalam perencanaan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar, (2) bagaimana kreativitas guru dalam pelaksanaan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar, (3) bagaimana kreativitas guru dalam melakuan evaluasi dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Islam Mirigambar. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan metode penggalian data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Selanjutnya peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam perencanaan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP dimana dalam membuat rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik di sesuaikan dengan KI dan KD yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sumber belajar disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Kreativitas guru dalam pelaksaaan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik yaitu dengan menggunakan sumber belajar yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Pada pelaksanaannya guru dapat memanfaatkan sumber belajar yang ada di dalam kelas maupun yang ada di luar kelas. Pada kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar yang ada di dalam kelas seperti menggunakan sumber belajar berupa LKS dan benda-benda yang ada di dalam kelas. Sedangkan pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar yang ada di luar kelas seperti mengajak siswa untuk belajar di halaman sekolah, di taman sekolah, di ruang kesenian dan mengamati peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekolah. Kreativitas guru dalam melaksanakan evaluasi pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran tematik yaitu dengan mengadakan rapat dewan guru setiap dua minggu sekali yang diadakan oleh kepala sekolah. Selain itu para dewan guru juga mengevaluasi hasil belajar siswa yang dilihat dari segi sikap dan segi pengetahuan siswa yang termasuk dalam KI-2 dan KI-3. Dalam pembelajan tematik tidak hanya dilihat dari segi kognitif (pengetahuan) saja, melainkan juga dari segi afektif dan psikomotrik siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 172015153183 YULIANTI |
Date Deposited: | 15 May 2019 06:24 |
Last Modified: | 15 May 2019 06:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11347 |
Actions (login required)
View Item |