WENDA AYU ANDINI, 17205153163 (2019) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (116kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (659kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (242kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Wenda Ayu Andini, NIM 17205153163, dengan judul “Pendidikan Karakter Melalui Hidden Curriculum di SDI Al-Hidayah Samir”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muh. Kharis, M.Pd., NIP. 19650512 199803 1002 Kata kunci: Pendidikan Karakter, Hidden Curriculum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter bagi siswa yang akan memberikan dampak bagi siswa dalam kehidupan sehari-sehari di sekolah maupun di rumah yang sesuai dengan ajaran agama dan norma-norma kehidupan, seperti sopan santun, ketaatan dalam beribadah dan memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi. Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui hidden curriculum yang secara luas berkaitan dengan hal-hal yang meliputi sosialisasi politik, kepercayaan, kepatuhan, nilai dan adat budaya, termasuk pengembangan sikap terhadap kekuasaan yang diharapkan menjadi hasil pendidikan. Dalam hal ini lembaga pendidikan termasuk SDI Al-Hidayah Samir juga ikut berperan dalam membentuk karakter positif bagi siswa sebagai bekal untuk kehidupan yang akan datang sesuai dengan ajaran agama melalui hidden curriculum. Adapun fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut. (3) Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 6 subjek. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan pendidikan karakter melalui hidden curriculum mulai dari konsep, pelaksanaan, hingga dampak. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pelaksanaan pendidikan karakter melalui hidden curriculum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir yaitu pertama kali dibedah dari visi dan misi serta tujuan sekolah, kemudian visi dan misi serta tujuan sekolah tersebut dimusyawarhakn secara bersama dengan pihak sekolah dan pihak yayasan, lalu diterjemahkan menjadi program-program, lalu program tersebut viii diterapkan ke dalam seluruh kegiatan di dalam maupun di luar kelas di SDI AlHidayah Samir. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui hidden curriculum di SDI Al-Hidayah Samir yaitu dimulai dengan sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, kegiatan pembiasaan, kegiatan membaca buku literasi, melalui kegiatan ekstrakurikuler, sikap guru dalam memberikan contoh yang baik bagi siswa, melalui tata tertib serta kegiatan istighosah bersama wali murid. (3) Dampak pendidikan karakter melalui hidden curriculum yaitu: melatih sikap sopan dan santun siswa terhadap semua orang, meningkatkan jiwa spiritual dan ketakwaan siswa terhadap agama, menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa baik tanggung jawab di sekolah maupun tanggung jawab di rumah, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi siswa sehingga dapat menciptakan perubahan tingkah laku, sikap, dan kepribadian positif bagi siswa, melatih siswa untuk terbiasa memiliki pola hidup sehat, menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi dalam diri siswa, meningkatkan rasa tanggung jawab guru terhadap karakter siswa, menumbuhkan kreativitas guru, mempermudah dalam penyampaian materi pelajaran, meningkatkan tanggung jawab orang tua dalam membentuk karakter siswa di rumah, serta terciptanya hubungan komunikasi yang baik antara orang tua siswa dengan guru atau pihak sekolah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153163 WENDA AYU ANDINI |
Date Deposited: | 15 May 2019 02:41 |
Last Modified: | 15 May 2019 02:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11349 |
Actions (login required)
View Item |