Pengaruh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung

Yunita, Nurma (2010) Pengaruh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
Bab I Baru.doc

Download (73kB)
[img] Text
BAB II new.doc

Download (265kB)
[img] Text
Bab III new.doc

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (869kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (45kB)
[img] Text
Hlm Judul.doc

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (254kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI. Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi upaya untuk menghindari terjadinya putus sekolah dan sulitnya memperoleh akses pendidikan bagi kelompok miskin, maka pemerintah menggulirkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu agar dapat memperoleh layanan pendidikan dasar yang bermutu dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Pemanfaatan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di UPTD SMPN 2 Sumbergempol? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? 3. Apakah ada pengaruh Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di UPTD SMPN 2 Sumbergempol? Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat atau nilai guna bagi pendidikan, karena dengan adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar sehingga akan memacu semangat dalam melakukan kreatifitas belajar siswa dan dapat memperoleh prestasi belajar yang baik dan memuaskan khususnya dalam mata pelajaran PAI. Pola penelitian: korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi: seluruh siswa yang berada di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 693 siswa. Sampling: purpose sampel dan random sampel, sampel: 70. Variabel bebas: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Variabel terikat: prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI. Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket, observasi, interview, dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif, komparatif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus koefisien kontingensi, chi kuadrat dan phi. Hasil penelitian: 1. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung berpengaruh pada tingkat sedang, 2. Prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung berpengaruh pada tingkat sedang. 3. Ada pengaruh yang sedang dan signifikan antara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di UPTD SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2015 01:35
Last Modified: 06 Feb 2015 01:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item