PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSING LEARNING MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

RIKHA TRI HANDAYANI, 17204153226 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM POSING LEARNING MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Problem Posing Learning pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Rikha Tri Handayani, NIM. 17204153226, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Model Problem Posing Learning, Materi Perbandingan. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa dari usaha yang telah dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar. Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang langsung dihadapkan dengan masalah nyata dan menekankan pada kecakapan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan cara mereka sendiri. Model Problem Posing Learning adalah model pembelajaran yang dihadapkan langsung dengan permasalahan nyata, akan tetapi siswa dituntut untuk membuat pertanyaan mengenai permasalahan yang ada dan diselesaikan sendiri atau diselesaikan oleh siswa lain. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning dan model Problem Posing Learning pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika yang lebih baik antara menggunakan model Problem Based Learning dan model Problem Posing Learning pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experiment design. Populasinya berjumlah 350 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Pada analisis data, peneliti menggunakan uji independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) nilai rata-rata kelas ekperimen 1 sebesar 80,75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 85,6. Sedangkan nilai standar deviasi atau simpangan baku pada kelas eksperimen 1 sebesar 8,955 dan nilai standar deviasi kelas eksperimen 2 sebesar 6,355. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh nilai , dengan demikian Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model problem based learning dan model problem posing learning pada materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 (2) hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model problem posing learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model problem based learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153226 RIKHA TRI HANDAYANI
Date Deposited: 17 May 2019 07:37
Last Modified: 17 May 2019 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11371

Actions (login required)

View Item View Item